NEWS.VMX.ID – Motor trail kompetisi Motocross dan Enduro memang harus memiliki suspense terbaik di dunia, tetapi jika tidak merawatnya atau memahami cara kerjanya, itu tidak akan berarti banyak. Kali ini merinci bahasan teknik cara menyetel dan mengatur suspensi motor trail untuk gaya berkendara apa pun, dimulai dengan garpu dan diakhiri dengan kejutan. Kuga tips jitu memaksimalkan kinerja, dan modifikasi yang tepat .Sebelum menyetel suspensi sepeda motor, sebaiknya pompa ban dengan ukuran psi yang benar.
Garpu atau suspens depan langkah awal untuk menyiapkan dan menyetel suspensi motor trail. Dimulai dengan ban depan, pastikan dalam kondisi baik dan ukuran anginnya sesuai standar psi. Rekomendasinya 11–13 psi untuk mengendarai motorcross dan 13-14 psi atau lebih untuk berkendara di luar jalan raya untuk mencegah kempes ban.
Salah satu cara untuk menyesuaikan suspensi motor trail dengan menaikkan atau menurunkan garpu di triple clamp. Lalu sesuaikan rebound dan redaman kompresi sesuai dengan kebutuhan berkendara.
Saat menyesuaikan garpu suspense depan, dapat menaikkan atau menurunkannya di klem rangkap tiga, mengubah geometri motor trail, atau memutar pengaturan rebound dan kompresi pada sekrup atau clicker.
Kompresi mengacu pada seberapa banyak garpu shock depan ingin mengompres. Peredam kompresi yang lebih sedikit membuat lebih lembut, tetapi jika disetel terlalu lunak, maka motor trail akan terlempar saat pengereman dan turun saat dikendarai. Rebound mengacu pada seberapa banyak kebutuhan suspensi ingin kembali ke bentuk aslinya.
Tidak cukup redaman rebound akan menghasilkan pengendaraan yang lebih lembut, tetapi motor akan terpental, menyebabkan rasa gelisah dan percaya diri soal kemampuan menikung akan berkurang. Jadi, perlun diesel seimbang dari kedua pengaturan tersebut. Untuk memberi nuansa ujung depan yang konsisten,harus mengeluarkan udara dari garpu sebelum berkendara.
Untuk menjaga suspensi dalam kondisi terbaik, pastikan untuk mengeluarkan udara dari garpu sebelum berkendara. Selalu keluarkan garpu dengan motor di atas dudukan dan roda depan terlepas dari tanah.Udara mengembang dengan panas dan ketinggian, jadi penting untuk memulai perjalanan tanpa tekanan berlebih.
Shock motor Trail dengan volume guncangan motor trail menopang berat pengendara, menyerap benturan, dan memastikan ban belakang tetap bersentuhan dengan tanah. Sama seperti memeriksa garpu, mulailah dengan ban. Pastikan dalam kondisi baik dan mengembang dengan benar. Tabung dan mousse bertugas berat akan memengaruhi suspensi, jadi usahakan pengaturan yang paling ringan tanpa risiko bocor.
Pastikan roda belakang sejajar dan baut penyetel rantai dimundurkan ke jarak yang sama di kedua sisi lengan ayun. Jika tidak, kendurkan mur poros dan sesuaikan baut penyetelan rantai di kedua sisi, kencangkan mur pengunci untuk menahannya di tempatnya, lalu kencangkan kembali mur poros. Jika menyetel rantai pada saat yang sama, sesuaikan rantai penggerak pada dudukan dengan jarak putar 30–40mm sehingga tidak akan mengikat saat suspensi belakang dikompresi sepenuhnya
Saat menyesuaikan kejutan, disarankan untuk memeriksa pengaturan pabrik dan tekan shock sepeda motor trail dengan mengubah rebound dan redaman kompresi untuk gaya berkendara.
Aturan yang sama untuk garpu depan berlaku untuk shock belakang juga, dan suspensi harus cukup seimbang antara depan dan belakang. Sesuaikan kompresi dan rebound untuk kenyamanan serta kemudahan berkendara. Juga, sesuaikan clicker suspensi secara bertahap dan jangan memaksa penyetel kompresi atau rebound melewati batas minimum atau maksimum penyesuaian, atau akan berisiko merusak bagian internal.
Salah satu cara untuk dial di garpu adalah menyesuaikan berat dan tinggi minyak di shockbreker. Menyetel tinggi oli garpu mengubah jumlah ruang udara di garpu dan mengubah karakteristik redaman di paruh kedua perjalanan suspensi. Menambahkan oli membuat garpu menjadi kaku dan meningkatkan ketahanan dasar, sementara menghilangkan oli membuat garpu menjadi lunak.Tambahkan atau kurangi oli dalam gradien 10cc sampai mendapatkan efek yang diinginkan. Untuk menghindari kelebihan takaran oli shock, manfaatkan pemeras udara jarum suntik kecil.
Pindah ke bagian suspensi belakang, pastikan pegas tingkat yang tepat dengan sag 95-115mm saat pengendara menggunakannya. Juga setel sag statis motor tanpa pengendara. Sag statis harus berkisar antara 25-45mm. Jika sag statis kurang dari 25mm, memerlukan pegas yang lebih kaku, dan jika lebih besar dari 45mm, memerlukan pegas yang lebih lembut.
Setingan suspensi juga wajib mengukur sesuai berat badan dengan menyesuaikan jumlah jarak (sag) bergerak ke bawah dari berat pengendara dan pembonceng.
Jumlah yang benar adalah sekitar 33 persen dari total perjalanan motor dan tingkat melorotnya biasanya antara 95-115mm pada ukuran penuh, tetapi dapat berubah tergantung kondisi motor, preferensi pengendara,dan lintasan berkendara.
Untuk menyesuaikan tingkat melorotnya suspensi,kendurkan shock spring lockring, putar ring preload spring untuk menambah atau mengurangi melorot. Ukuran putaran penuh mengubah melorot sekitar 3mm.
Tetap lakukan perawatan, termasuk mengganti oli shockbreker, bushing, dan seal, agar usia suspensi lebih panjang menjaga performa berkendara dan suspensi tetap konsisten.