Perhatikan Tipe-tipe Motor Trail sebelum Membelinya: Kamu Ada di Kubu Mana?

By: VMX Media | 05/10/2023 | 351
Perhatikan Tipe-tipe Motor Trail sebelum Membelinya: Kamu Ada di Kubu Mana?

BANDUNG, VMXMedia.ID – Berpetualang atau melakukan kegiatan ekstrem di alam bebas menggunakan motor trail, kini semakin digandrungi. Menariknya, selain menjadi motor off-road, motor trail kini juga banyak digunakan sebagai kendaraan harian.

Namun, sebelum braaapers memilah dan memilih, ada baiknya untuk memahami kelebihan motor trail dan juga jenis-jenis motor trail sehingga benar-benar bisa berfungsi optimal untuk ditunggangi. Seperti dilansir pricebook.co.id, berikut adalah tipe sekaligus fungsi masing-masing motor trail.

  1. Motor Trail Dual-sport
    Sesuai dengan tipenya, jenis motor trail dual-sport telah dilengkapi dengan sejumlah instrumen keamanan dan keselamatan berkendara. Beberapa instrumen tersebut antara lain speedometer, lampu utama, spion, klakson, sein, knalpot dengan emisi atau gas buang yang sudah teruji, dudukan plat nomor, kendaraan, dan surat-surat kepemilikan. Dengan demikian, jenis motor ini bisa dipakai harian, ya, braaapers.
  1. Motor Trail Motard
    Motor tipe motard dapat dikenali lewat kaki-kaki yang diadopsinya. Motor yang akrab dengan sebutan supermoto ini rata-rata menggunakan ban dan velg untuk jalanan beraspal. Selain itu, baik velg depan maupun belakang juga memiliki ukuran yang sama, kebanyakan berdiameter 17 inci. Tipe ini pun masih bisa dipakai sehari-hari. Namun, biasanya braaapers harus membeli kelengkapannya.
  2. Motor Trail Enduro
    Hampir sebagian besar mempunyai transmisi hingga enam percepatan, dan pacul yang digunakan juga memiliki kembang lebih besar. Motor-motor trail enduro ilegal untuk digunakan di jalan raya, karena pabrikan sengaja menghilangkan sejumlah instrumen, seperti lampu sein, stoplamp, dan spion.
  3. Motor Trail Motocross
    Berbeda dengan trail enduro, untuk tipe motocross lebih ekstrem lagi. Pabrikan mengusir semua instrumen. Motor-motor tipe ini dapat braaapers temukan dengan mudah di arena balap. Trail tipe motocross juga dapat dengan mudah diidentifikasi lewat embel-embel seri yang disematkan, seperti SE atau Special Engine. Oleh karena itu, tidaklah mengherankan kalau motor dari tipe ini memiliki tenaga yang sangat powerful.
  1. Motor Trail Adventure-Tourer
    Tipe ini bisa braaapers kenali lewat kapasitas tangki yang dapat menampung banyak bahan bakar. Ini karena motor-motor adventure-tourer dirancang sedemikian rupa untuk menjelajahi curam dan lebatnya hutan, serta perjalanan jarak jauh.

Motor tipe ini juga digadang-gadang memiliki kemampuan off-road yang mumpuni karena dapat melibas medan terjal, berbatu, maupun berlumpur dengan aman dan nyaman.

Kamu ada di kubu yang mana, braaapers? (day)