Tips & Trick

Cara Jitu Bikin Nyaman Saat Adventure Bermotor

By: VMX Media | 08/09/2022 | 459
Cara Jitu Bikin Nyaman Saat Adventure Bermotor

NEWS.VMX.ID – Bermotor adventure adalah hobi rilektasi dan memahami kultur alam melalui jalur jalur menantang adrenalin dan menguji Teknik berkendara. Off road bermotor adalah olahraga yang menyenangkan dan berguna bagi refreshing dan kebersamaan.Berpetulang mengunjungi alam dengan langsung sambal menperdalam kemampuan skill di track lumpur, batu-batuan, lintasan jalur air dan belukar.

Untuk mewujudkannya, diperlukan motor trail khusus untuk melakukan perjalanan Adventure. Berikut dengan persiapan yang tepat dan beberapa modifikasi yang mudah, hampir semua motor trail standar dapat digunakan untuk menikmati pemandangan indah dan kenangan luar biasa  saat bermotor adventure.

Merubah atau menambah spek motor trail standar yang relative mudah dan berfungsi maksimal Diantaranya adalah ban untuk petualangan mengharuskan memasang bentuk ban yang lebih agresif. Pola unik dan mumpuni ini akan memberi  lebih banyak cengkeraman di jaur off road.

Ketika berhadapan dengan jalur tanah, kurangi tekanan ban 5-10 Psi, tujuannya agar dapat meningkatkan traksi dan stabilitas. Kebanyakan motor dirasa aman ketika menurunkan tekanan Psi ban hingga 15 Psi untuk kondisi agresif (pasir atau lumpur). Dengan begitu langkah terpenting dan pendorong kepercayaan diri dan keselamatan yang maksimal.

Menyeting suspensi dengan pegas yang lebih lembut dan cairan yang lebih ringan. Modifikasi meringankan ketegangan pegas.

Dalam berkendara adventure, pengendara harus bervariasi berkendara mulai dari dudk hingga berdiri dengan nyaman di atas footpag ketika melintasi jalur kondisi buruk. Tujuannya, membuat bobot sepeda lebih rendah, menstabilkannya dan meminimalkan benturan pada pengendara.

Perubahan Opsional dengan beberapa modifikasi cukup untuk mempermudah. Diantaranya, Mengganti tempat duduk dengan model touring yang lebih nyaman atau lebih rendah, menambahkan bagasi. Jalur off road adventure, mewajibkan motot trail terpasang hand guar untuk melindungi tangan dari benda ekstrims.

Perhatikan kombinasi helm/goggles motor trail dengan memilih anti fogging dan  membantu meningkatkan aliran udara.  Kemudian wajib menggunakan sepatu boots yang memiliki proteksi over-the-ankle boots. Pilihlah bagian sol sepatu boots yang memiliki fitur cengkeraman maksimal meski terselimuti lumpur

Memilih menggunakan celana dan jaket dengan tingkat proteksi tinggi dan dryfit, tujuannya meminimalisir cidera goresan benda ektrim dan lebih mudah kering dan mudah di bersihkan. Juga pilihlah riding gear ringan, kompak, reflektif, tahan air, dan pilihan yang cocok untuk jalur adventure.

Bawa perlengkapan toolkit motor dan barang pribadi, minuman dan makanan praktis. Usahakan membawa alat dokumentasi yang terpasang di helm ataupun breket di dada pengendara.

Pastikan sebelum ngegass berkendara adventure, kondidi motor siap dan prima. Perhatikan kebersihan filter udara, pelumasan rantai roda dan mengecek tingkat kekencangan baut.