Tips & Trick

Kiat Berkendara Enduro di Jalur Sempit Menggunakan Motor Trail 125cc

By: VMX Media | 22/12/2022 | 396
Kiat Berkendara Enduro di Jalur Sempit Menggunakan Motor Trail 125cc

NEWS.VMX.ID – Mengendarai motor trail SE 125cc 2 tak jelas membutuhkan teknik yang berbeda, apalagi ketika berenduro di hutan yang sempit. Hal utama yang perlu diperhatikan dan dilakukan oleh pengendara saat melakukan enduro dengan motor SE 125cc adalah menjaga kecepatan dan momentum.

Saat menggunakan motor SE 125cc pengendara harus menurunkan gigi dan tetap berada di garis lebar, terutama ketika trek sangat mengelengkung dan berkelok-kelok. Selain itu, mata harus dijaga untuk terbuka lebar dan mencari garis lurus.

Pastikan laju motor tidak berhenti atau kehilangan banyak kecepatan. Pengendara juga harus mengoptimalkan penjagaan gigi agar tetap rendah dan naik di putaran. Pada momen inilah kekuatan motor dibuat untuk membantu melintasi berbagai karakter trek.

Penjagaan volume dengan menggunakan kopling harus dilakukan dengan baik. Hal ini dapat membuat motor keluar dari tikungan. Namun, perlu diingat bahwa pengendara tidak perlu terlalu banyak memainkan kopling, terutama hanya untuk mendapatkan kecepatan saat keluar dari belokan.

Karena mesin SE 125cc 2 tak tidak memiliki pengereman sebanyak mesin SE 250, pengendara disarankan menggunakan rem belakang sedikit lebih banyak. Kemudian, minimnya engine brake pada 125cc 2 tak juga harus diperhatikan oleh pengendara dengan menggunakan rem lebih banyak di beberapa tempat.

Terakhir, saat berkendara enduro pengendara disarankan untuk berdiri di atas footpeg sesering mungkin. Hal ini bertujuan untuk membuat sudut pandang terus terjaga dan mengalir, terutama saat berada di belokan yang lebih pendek.