Jangan Panik, Lakukan Ini Jika Tersesat Saat Ngetrail di Hutan

By: Delisti Putri Utami | 04/04/2023 | 329
Jangan Panik, Lakukan Ini Jika Tersesat Saat Ngetrail di Hutan

VMX.ID – NGETRAIL di hutan bisa menjadi pengalaman yang sangat menyenangkan, tetapi juga bisa berbahaya jika tidak dijalankan dengan benar. Terkadang, meskipun sudah berusaha keras untuk mengikuti rute yang sudah direncanakan, seseorang masih bisa tersesat di hutan. Ini bisa terjadi karena kebingungan di jalan, gangguan cuaca, atau kondisi medan yang berubah. Berikut adalah hal yang harus dilakukan jika braaapers tersesat saat ngetrail di hutan.

1. Jangan panik

Hal pertama yang harus dilakukan adalah tetap tenang. Panik hanya akan membuat situasi menjadi lebih buruk. Dengan tenang, braaapers bisa memikirkan rencana untuk keluar dari keadaan tersebut.

2. Gunakan peta atau GPS

Jika sudah mengetahui di mana letak keberadaan diri dan rute yang sudah dilewati, gunakan peta atau GPS untuk menentukan arah yang benar. Perhatikan tanda-tanda alam, seperti arah matahari dan bentuk bukit untuk mengetahui arah utara, selatan, timur, atau barat. Jika tidak mempunyai GPS dan peta, perhatikan tanda-tanda alam.

3. Jangan bergerak terlalu jauh

Jika yakin tersesat, jangan terus bergerak terlalu jauh. Segera hentikan perjalanan dan cari tempat yang aman untuk beristirahat. Jangan membuang energi dengan berjalan terlalu jauh tanpa tujuan yang jelas.

4. Carilah air dan sumber makanan

Setelah beristirahat, cari sumber air dan makanan. Jangan meminum air dari sungai atau sumber air tanpa diolah terlebih dahulu. Sumber air yang aman adalah dari air hujan atau mata air yang terlihat bersih. 

5. Beri tahu orang terdekat

Segera beri tahu keluarga atau teman dekat tentang keadaan yang terjadi. Berikan informasi tentang di mana braaapers berada, apa yang terjadi, dan apa yang sudah dilakukan. Pastikan punya perlengkapan komunikasi seperti handphone atau walkie-talkie yang bisa digunakan untuk berkomunikasi.

6. Gunakan lampu senter atau api unggun

Jika tidak ditemukan oleh orang lain, gunakan lampu senter atau api unggun sebagai tanda darurat. Jangan lupa untuk membawa perlengkapan yang cukup seperti baterai cadangan, korek api atau perlengkapan api.


Saat ngetrail di hutan, ada banyak hal yang harus diperhatikan dan dipersiapkan dengan baik. Selalu pastikan untuk membawa perlengkapan yang cukup, seperti peta, GPS, senter, makanan dan air, serta melakukan perjalanan dengan teman atau kelompok untuk saling memperhatikan. Jika tersesat, ingat, jangan sampai panik, ya, braaapers!