Punya Peran Vital, Ini Cara Mengatasi Masalah-Masalah Umum pada Sistem Pengapian Motor Trail

By: VMX Media | 27/09/2023 | 222
Punya Peran Vital, Ini Cara Mengatasi Masalah-Masalah Umum pada Sistem Pengapian Motor Trail

Written by Shafar Tri Sulaksono

VMXMedia.ID – TENAGA yang dihasilkan motor berasal dari proses pembakaran bahan bakar di dalam ruang mesin, yang didukung oleh berbagai komponen yang bertugas untuk menciptakan percikan api dalam campuran udara dan bahan bakar. Sistem pembakaran pada kendaraan merupakan aspek yang sangat krusial, terutama pada motor trail.  Hal ini berkaitan dengan kelancaran sistem pembakaran yang memiliki dampak nyata pada kinerja motor, seperti tarikan yang terasa berat dan akselerasi yang terhambat.

Pemeriksaan secara berkala terhadap sistem pembakaran sangat penting untuk menjaga performa motor. Kerusakan pada sistem pembakaran dapat berakibat serius, bahkan bisa menyebar ke komponen lain dalam mesin. Dilansir dari trialgame.id, hal pertama yang perlu diperiksa ketika mengalami masalah dengan proses pembakaran adalah busi, yang berperan sebagai inisiator pembakaran dalam mesin. Busi yang sudah tidak berfungsi dengan baik akan memengaruhi percikan api yang dihasilkan, bahkan jika busi sudah mati, proses pembakaran tidak akan terjadi sama sekali. Solusinya adalah dengan mengganti busi rusak dengan yang baru dan sesuai dengan spesifikasi motor.

Selain busi, menjaga kebersihan kepala silinder motor juga merupakan hal yang sangat penting. Karena, silinder itulah tempat terjadinya pembakaran campuran bahan bakar dan udara untuk menghasilkan tenaga. Kepala silinder yang kotor biasanya disebabkan oleh kerak akibat pembakaran yang menempel, dan sering disebabkan oleh penggunaan bahan bakar dengan oktan yang rendah. Solusinya adalah dengan membersihkan kerak yang menempel agar performa piston motor dapat mencapai maksimal. Namun perlu diingat, hal ini memerlukan pembongkaran mesin secara menyeluruh.

Dalam sistem pembakaran motor, terdapat juga komponen berupa spul tembaga, yang biasa disebut sebagai spul, yang berfungsi sebagai sumber energi dalam proses pembakaran bahan bakar. Spul pada motor dapat mengalami pelemahan, yang pada gilirannya akan memengaruhi pengapian. 

Selain itu, faktor seperti fuel pump juga memengaruhi pengapian. Ini biasanya terdapat pada mesin motor trail yang menggunakan sistem injeksi bahan bakar. Fuel pump, sesuai namanya, berperan dalam memompa bahan bakar ke dalam injektor untuk kemudian diteruskan ke dalam ruang pembakaran dengan tekanan yang diperlukan. Begitu pula dengan udara yang masuk ke dalam mesin, kebersihannya juga memiliki peran yang signifikan dalam memastikan proses pembakaran dapat berjalan secara optimal.

Melakukan servis rutin setiap bulan adalah langkah yang tepat untuk mengatasi berbagai masalah yang mungkin muncul pada motor trail. Karena servis rutin tidak hanya mencegah masalah, melainkan juga mengatasi potensi kerusakan yang bisa terjadi pada motor. Lebih baik mencegah kerusakan ketimbang memperbaiki kerusakan, kan, braaapers?