Tips & Trick

Kenali Tanda-Tanda Kerusakan Throttle Body Motor Injeksi! Begini penjelasannya

By: VMX Media | 06/10/2022 | 700
Kenali Tanda-Tanda Kerusakan Throttle Body  Motor Injeksi! Begini penjelasannya

NEWS.VMX.ID – Peran dari komponen Throttle Body berfungsi sebagai pengatur jumlah udara masuk, saat  pengendara memutar throttle grip dan menjalankan throttle valve. Untuk menjaga performa dan usia pemakaian Throttle Body Perawatan komponen ini harus rutin.

Selain mengetahui penyebabnya,juga wajib mengenal apa saja tanda kerusakan yang terjadi pada throttle body motor injeksi. Apa saja tanda-tanda yang dapat dikenali tanda kerusakannya? Ini dia penjeasannya.

Campuran BBM Berlebihan atau Terlalu Sedikit Kombinasi bahan bakar dan udara yang seharusnya masuk ke ruang bakar pas. Namun ketika throttle body ini bermasalah maka BBM yang masuk bisa terlalu banyak atau justru terlalu sedikit.

Apabila bbm terlalu sedikit maka akan membuat sepeda motor kesulitan untuk berakselerasi. Mesin pun akan terasa tersendat-sendat bahkan sewaktu-waktu bisa mati pada saat mesin idle.

Bisa juga yang terjadi adalah sebaliknya yaitu bbm jadi lebih banyak yang membuat bbm jadi boros. Apabila yang terjadi adalah bbm berlebihan pasokannya maka sepeda motor akan terasa mbrebet.

Mesin yang Tidak Bertenaga Ciri lainnya yang bisa diamati adalah tenaga yang dihasilkan kendaraan tidak sampai titik maksimal.  Walaupun  sudah memacu kendaraan namun akan tetap terasa lemah tidak bertenaga. Oleh karena itulah pengecekan atau pembersihkan komponen ini harus dilakukan sehingga tenaga kembali normal. Jika motor sudah mulai melemah tenaganya bisa jadi salah satu tanda bahwa harus segera diservis.

Mesin Terasa Lebih Berat  Aliran udara yang masuk tertutup kotoran membuatnya terlambat. Anda akan merasakan bahwa gas terasa lebih berat. Alhasil top speed sepeda motor pun sudah mentok di angka kecil.

Beratnya tarikan mesin ini menjadi salah satu ciri paling kuat bahwa throttle body sudah kotor.

Perputaran Idle yang Tidak Stabil  Komponen idle speed sensor yang juga berhubungan dengan throttle body akhirnya akan bermasalah. Komponen tersebut berfungsi untuk mengendalikan perputaran mesin ketika berada di posisi idle. Dan juga, dapat mengecek apakah perputarannya stabil, jika tidak maka harus segera membersihkan throttle body.

Tidak ingin motor menjadi boros atau mogok di tengah jalan? Apabila keempat tanda ini sudah muncul, itu pertanda posisi maksimal wajib di servis.