Tips & Trick

Ingin Tetap Selamat? Jangan Lakukan 4 Tindakan Ini Ketika Trabasan!

By: Angga Kuntara | 10/05/2023 | 227
Ingin Tetap Selamat? Jangan Lakukan 4 Tindakan Ini Ketika Trabasan!

VMXMedia.IDKETIKA trabasan, bisa dikatakan, cukup banyak hal tidak terduga yang datang. Hal tersebut wajar terjadi ketika pengendara menerjang jalur tidak rata dan banyak obstacle

Secara refleks, pengendara akan melakukan berbagai cara untuk dapat menyelamatkan dirinya ketika menemui hal tidak terduga di tengah trabasan. Meskipun maksudnya baik, berbagai cara tersebut seharusnya jangan dilakukan. 

Naah, braaapers, agar tetap selamat, jangan lakukan 5 tindakan berikut ini ketika trabasan: 

1. Melakukan Pengereman Terlalu Keras

image source: trialgame.id

Satu cara yang lazim dilakukan pengendara ketika menemui bahaya di tengah trabasan, adalah dengan melakukan pengereman. Karena panik, pengendara tersebut sering melakukan teknik pengereman terlalu keras.

Melakukan teknik pengereman terlalu keras akan menyebabkan roda depan terkunci. Akibatnya, pengendara akan kehilangan kendali dan terjatuh.

2. Melakukan Akselerasi secara Tiba-Tiba

image source: pexels.com

Meningkatkan akselerasi atau kecepatan ketika trabasan memang harus. Bahkan, wajib dilakukan ketika mengikuti kompetisi balap di sirkuit. Namun, sebagai pengendara, wajib hukumnya untuk memerhatikan kondisi jalur yang dilalui ketika melakukan akselerasi. 

Dilarang melakukan akselerasi secara tiba-tiba ketika melalui jalur berpasir atau licin. Tindakan  tersebut dapat membuat roda belakang kehilangan traksi, dan pengendara dapat kehilangan kendali. 

3. Mengangkat Kaki dari Foot Pegs

image source: ultimatemotorcycling.com

Pengendara seringkali mengangkat kedua kakinya dari foot pegs ketika trabasan. Tindakan tersebut dapat terjadi karena dua hal: menghindari kaki dari obstacle yang menghampiri, atau hanya sekadar ingin meregangkan kaki. 

Selain berdiri di atas foot pegs, mengangkat kedua kaki dari foot pegs dapat membuat pengendara kehilangan keseimbangan.

4. Berkendara Terlalu Cepat

image source: flypgs.com

Ketika trabasan, pengendara tentu akan berkendara dengan cepat untuk mencapai tujuan. Terlebih ketika mengikuti kompetisi balap. Saking cepatnya, pengendara tersebut terkadang lupa jika ia berkendara terlalu cepat. 

Alih-alih cepat sampai tujuan, berkendara terlalu cepat dapat membuat pengendara kehilangan kendali dan berujung pada kecelakaan. 

Ketika berkendara, pastikan diri tetap tenang, fokus pada tujuan, dan jangan grasa-grusu. Semoga tips di atas bermanfaat bagi braaapers yang ingin tetap selamat ketika trabasan yaa.