Tips & Trick

Perlengkap Wajib Berkendara Off Road Bermotor, Ingat Perhatikan Kualitasnya

By: VMX Media | 25/12/2022 | 254
Perlengkap Wajib Berkendara Off Road Bermotor, Ingat Perhatikan Kualitasnya

NEWS.VMX.ID – Motor Trail terdiri dari beberaoooo9opa jenis seperti : Motocross , Enduro, dan Motor Trail dual purpose untuk berkendara harian. Tampilan sekilas, soal bodi terlihat sama, padahal berbeda secara detail dari sisi kegunaan.

Motocross dan Enduro di desain khusus untuk keperluan kompetisi sesuai katagorinya. Sedangkan Motor Trail dual purpose, bisa di gunakan di jalur off road ringan dan on road dengan kontur kenop ban pacul nya didesain lebih rendah.

Motor trail juga dilengkapi persyaratan lalu lintas, seperti : lampu, kaca spion dan instrumen pendukung. Sedangkan motor Morocross dan motor Enduro, tidak ada perlengkapan lalulintas. motor motocross yang lebih mengutamakan struktur desain untuk kompetisi, termasuk bagian bodi dan spesifikasi mesin khusus.

Sebelum memulai aktivitas motocross, ada beberapa perlengkapan khusus untuk safety dan kenyamanan berkendara off road. Jadi penting perhatikan kualitas perlengkapan,berikut desain tampilannya. Simak perlengkapan  apa saja yang dibutuhkan?

1. Ban Spesifikasi mumpuni 

Ban adalah salah satu bagian yang sangat penting untuk motocross. Wajib memahami pemilihan ban untuk menghindari kejadian fatal. Jadi, ban DirtBike harus disesuaikan dengan berkendara off road, untuk kompetisi, hobi dan harian.

Banyak pilihan ban off road bermotor, pastikan memilih ban yang memiliki compound dan pattern baru untuk menjamin daya tahan ban dan membuat ban menjadi anti retak.

Selain itu, ada juga perlu perhatikan memilih ban dalam.mendukung peningkatan kinerja pengendalian serta manuver pengendara berupa pola telapak yang mumpuni. Dengan begitu mendukung tingkat percepatan dan membantu lebih agresif.

2. Helm

Untuk helm, demi keselamatan, pastikan kualitas berlisensi SNI, DOT, SNEL untuk aktivitas motocross, dengan ciri khas desain kontur bagian moncong lebih panjang  untuk memudahkan bernapas karena berkendara off road menguras tenaga. Moncong ini juga berguna untuk melindungi bagian gigi dan dagu terjadi crash berupa benturan.

3. Body protector

Pelindung badan pengendara off road berupa pelindung dada, siku, lutut, serta bagian tubuh lain yang rawan cedera saat crash.

Body protector, banyak pilihan merek dan spesifikasi yang ditandai dengan model yang disiapkan untuk segala kebutuhan sesuai ukuran badan pengendara.

4. Penyangga leher

Penyangga leher atau neck brace dengan fungsinya untuk menyangga leher ketika melintasi trek sirkuit motocross dengan tantangan obstacle yang bervariasi. Fungsinya melindungi dan meminalisir resiko cedera leher yang berakibat fatal.

5. Off Road Gears

Faktor kenyamanan dalam durasi panjang selama berlomba di kompetisi kejuaraan. Jadi bahan Jersey dan pantai selai tahan goresan juga mendukung kenyamanan berakselerasi dalam berbagai tingkat manuver.

Juga, perlengkapan pendukung seperti sarung tangan dan kaos kaki yang nyaman juga mempunyai dayaproteksi.

6. Sepatu boot

Penggunaan sepatu motocross dan enduro memang memiliki nilai lebih dari spesifikasi yang terhubung dengan material dan fitur proteksi.

Sepatu boot berkualitas tinggi, memiliki detail protektor mulai dari Bagain telapak,jari, punggung kaki, mata kaki, pergelangan betis dan tumit.

Sepatu boot didesain dengan kekuatan dan tahan benturan, terutama bagian tulang kering pengendara yang rawan cidera.

7. Kacamata Goggle

kaca mata motocross atau goggle, sebagai pelengkap helm off road – Motocross tidak memiliki visor. Tugasnya melindungi mata dan wajah dengan kualitas khusus.

Kelebihan goggle dibandingv visor adalah lebih mudah membersihannya. Jadi praktis ketika membersihkan tanpa bersusah payah membuka helm dan melepas visor.

Kenapa goggle, karena off road bermotor indentik dengan tanah yang lebih rentan mengotori pelindung wajah. Ketika pandangan terganggu akibat tumpukan lumpur, lebih mudah di bersihkan dibanding visor.

Jadi, perlengkapan mendasar tidak boleh disepelekan dan wajib digunakan dengan baik dan benar.