Tips & Trick

Cara Tepat Menghindari Motor Trail Sering DiService dan Selalu Prima

By: VMX Media | 30/06/2022 | 516
Cara Tepat Menghindari Motor Trail Sering DiService dan Selalu Prima

NEWS.VMX.ID – Untuk memastikan performa motor tetap prima maka diperiksa secara berkala menjadi hal yang sangat penting untuk dilakukan. Service motor memang perlu tapi ada cara agar tidak perlu terlalu sering membawa motor trail Anda ke bengkel. Motor trail dalam hal perawatan terbilang sangat mudah.

Langkah pertama dengan mengecek kondisi oli mesin secara berkala. Oli memiliki fungsi sebagai pelumas untuk komponen-komponen mesin agar saat terjadi gesekan, mesin terhindar dari kehausan., sebagai pendingin  dan pelndung mesin dari resiko karat. Dengan mesin yang sudah terlumasi, maka secara otomatis tidak terjadi karat pada komponen mesin. Fungsi oli sebagai pendingin, setelah mesin bekerja setelah dikendarai dalam jarak tertentu. Karena oli sangat penting untuk motor jadi pastikanlah memeriksa kondisinya secara berkala. Jika  kekentalan oli telah berkurang dan warnanya sudah kehitaman, pertanda saatnya melalkukan pergantian oli.  

Kemudian cek kondisi rantai motor trail karenarRantai merupakan bagian terpenting berfungsi menghubungkan mesin dan roda sehingga bisa bergerak. Karena fungsinya yang sangat besar, disarankan mengecek kekencangan rantai motor secara berkala. Jika ada karat dan rantai kurag pelumasan, segera bersihkan dan pakai elumas khusus rantai. Hindari melumasi rantai menggunakan oli bekas, karena sisa gramasi mmebuat rantai tergerus.

Langkah berikutnya, cek kondisiaki atau battery,  agar arus listrik pada aki tetap terjaga dengan baik, maka periksalah aki agar gak melebihi batas. Idealnya jangan sampai lebih dari 2 minggu. Jika jarang mengecek kondisi aki atau membiarkan aki melebihi batas, yang terjadi maka mempercepat kerusakan pada sel aki dan yang pasti juga akan menyebabkan kerusakan pada bagian lain yang ada di motor trail.

Lanjut memeriksa kondisi busi, jangan remehkan bentuk part kecil namun sangat vital.  Karena fungsi utama dari busi adalah memantik api pada ruang pembakaran motor. Fungsi busi adalah menerima campuran udara dan bahan bakar yang disabut oleh percikan api dari busi, agar mesin motor bekerja dengan baik. Kemudian terjadi ledakan itulah yang akan membuat piston naik dan turun. Sangat penting memang mengecek kondisi busi secara berkala mengingat fungsinya yang begitu penting dan wajib mengganti busi jika jarak tempuh sudah 12.000 kilometer.

Pastikan juga mengganti roda gigi yang sudah tajam atau aus. Itulah salah satu tanda gir sudah harus diganti. Semakin tajam maka roda gigi sudah mendekati usia maksimal pakai jadi perlu diganti sesegera mungkin. Parahnya lagi jika dibiarkan bisa membuat rantai putus tiba-tiba.

Dan yang terakhir adalah jangan berlebihan dalam memanaskan motor. Setiap orang yang memiliki motor pastinya mengetahui hal ini. Sebelum digunakan motor memang harus dipanaskan terlebih dahulu. Panaskanlah motor sekitar 1 hingga 2 menit agar suhu mesin cukup hangat.Tujuannya  untuk menaikkan oli sehingga merata dalam melumasi komponen mesin. Tapi harus di ingat jangan terlalu lama memanaskan motor dan hindari mengegas motor terlalu lama karena hanya akan sia-sia. Yuk jangan malas mengecek berkala, agar trail kalian sellau gasspol di jalur.