Tips & Trick

Masih Takut Lewat di Jalan Berlumpur dan Berlubang? Ini Tips dari Yamaha Riding Academy (YRA) Agar Tetap Aman Saat Mengendarai Motor Trail 

By: VMX Media | 25/02/2024
Masih Takut Lewat di Jalan Berlumpur dan Berlubang? Ini Tips dari Yamaha Riding Academy (YRA) Agar Tetap Aman Saat Mengendarai Motor Trail 
Foto: onlinejambi.com


JAKARTA, VMXMedia.ID – Yamaha Riding Academy (YRA) menawarkan beragam tips off-road. Tips ini ditujukan bagi para pemula yang ingin menjajal motor trail Yamaha WR155.

Petualangan sepeda off-road sangat populer saat ini. Bagi yang baru ingin mencobanya perlu mengetahui trik dasar sepeda motor trail. Yamaha juga memberikan tips baik untuk parkir di jalan berlumpur, berlubang, jalan rusak dan berbatu, serta area tidak rata.

Berikut tips Yamaha untuk melintasi permukaan berbeda ataupun berlumpur : 

1. Jalan berlumpur/berlubang 

Hal pertama yang perlu dilakukan adalah memilih jalur yang lebih aman. Namun jika terpaksa harus melaluinya, lewati secara perlahan ke dalam lubang dan lumpur. Braaapers perlu mempersiapkan posisi kaki jika terpeleset. Hindari pengereman mendadak dan akselerasi mendadak 

2. Jalan rusak/berbatu

Posisi yang dianjurkan adalah berdiri dan mempelajari posisi berkendara off-road. Tangan kamu harus rileks dan tidak menimbulkan hambatan yang kuat terhadap pergerakan setang. Gunakan gigi dan kecepatan yang benar. Hindari akselerasi mendadak dan pengereman mendadak.

3. Parkir pada medan yang tidak rata

Saat parkir gunakan gigi satu dan hindari gigi netral, agar memudahkan pengendaraan sepeda maju mundur. Posisi pegangan diputar seluruhnya ke kiri. Ketika mesin motor telah berhenti, posisi gigi pun tetap di netral.

4. Melewati turunan tajam

Masukan gigi selalu di posisi satu, jangan pencet kopling. Biarkan engine break yang bermain, dan sangat sangat hindari mengerem dengan rem depan. Kaki selalu di atas footpeg, dan baru turun ketika dirasa motor akan terjatuh ke kanan atau kiri.

(reg)