Tips & Trick

Bagaimana Menentukan Sprocket Motor Trail Dan Rasio Roda Gigi?

By: VMX Media | 19/11/2022 | 578
Bagaimana Menentukan Sprocket Motor Trail Dan Rasio Roda Gigi?

NEWS.VMX.ID – Bagaimana sprocket Motor Trail dan Rasio Roda Gigi yang tepat sangat penting untuk mendapatkan sensasi berkendara yang cepat, dan aman. Sensasi motorcross dapat mencapai tingkat tertinggi setelah pengendara memiliki pemahaman menyeluruh tentang seluk beluk komponen utama ini. 

Dengan banyaknya sprocket yang tersedia dan tip tanpa akhir untuk memenuhi rasio roda gigi yang tepat.

Disarankan ketika mengganti sprocket, idealnya bersamaan dengan rantai. Sprocket lama dibandingkan dengan sprocket baru. Sprocket tua itulah yang mereka sebut “shark toothed” yang artinya penggunaan gigi sprocket telah aus untuk ditangkupkan di bagian bawah gigi.

Cara memilih jenis sprocket motor trail,Berpatokan pada tingkat keahlian khusus pengendara. Kecepatan dan akselerasi yang ingin  dicapai berikut jenis jalur. 

menentukan berapa rasio roda gigi yang tepat untuk motor trail, dan ukuran sproket apa yang tepat. untuk saya? Kami akan menjawab pertanyaan-pertanyaan ini dan banyak lagi di bagian ini. Pertama, penting untuk memahami beberapa kosakata.

Memahami Rasio Roda Gigi rasio sproket, hanyalah jumlah gigi pada sproket belakang dibagi dengan jumlah gigi pada sproket countershaft (alias sproket depan).

Ketika jumlah rasio roda gigi lebih tinggi, roda gigi kemudian lebih rendah. Kebalikannya,ketika nomor rasio roda gigi lebih rendah, roda gigi lebih tinggi. Aturan dasar yang harus diikuti adalah semakin banyak gigi pada sproket belakang, semakin rendah persneling secara keseluruhan.

Gearing yang lebih rendah menghasilkan akselerasi yang lebih cepat dan take-off yang lebih cepat, yang mengorbankan kecepatan tertinggi yang lebih rendah. Ini juga dikenal sebagai gearing down.

Rasio gear yang lebih tinggi atau gearing up akan memberikan efek sebaliknya. Ak lebih lambat dari garis tetapi akan dapat mencapai kecepatan tertinggi yang lebih tinggi.

Mencapai tingkat gigi yang tepat untuk tingkat keahlian pengendara,  mengoptimalkan kinerja motor. Untuk melakukan ini, harus memilih sprocket depan dan belakang dengan bijak, untuk memenuhi persneling yang di harapkan. 

Untuk penggemar balap atau pengendara penyuka sensasi tingkat kecepatan tinggi, wajib perhatikan ukuran gear. 

Menggunakan sproket depan yang lebih besar atau sproket belakang yang lebih kecil akan membantu  mencapai kecepatan tertinggi yang lebih cepat. 

Rasio roda gigi akan meningkat dengan pengaturan sproket ini. Dan bermanfaat untuk jalur dengan sedikit belokan, seperti berkendara di gurun. 

Sedangkan sprocket yang terbaik untuk akselerasi Tercepat, di hitung berdasarkan power mesin. 

Tentang kecepatan yang konsisten dan lebih banyak tentang transisi yang lebih cepat, terutama bagi pengendara yang sering menikmati tikungan dan belokan dalam perjalanannya. Berikut adalah beberapa aturan sproket yang harus diikuti untuk perjalanan transisi ini.

Kebalikan dari kecepatan tertinggi, menggunakan sproket depan yang lebih kecil atau sproket belakang yang lebih besar untuk kemampuan akselerasi terbesar. Meski rasio roda gigi akan berkurang dengan pengaturan sproket ini bermanfaat untuk trek motocross. Ataupun jalur lainnya dengan sedikit bagian lurus panjang. 

Jika menggunakan sprocket belakang yang lebih besar untuk mendapatkan akselerasi lebih cepat tetapi mengorbankan beberapa kecepatan tertinggi.

Mengganti sprocket Anda sendiri tidak hanya akan menghemat uang Anda tetapi juga akan memberi Anda apresiasi dan pengetahuan lebih lanjut tentang sistem sepeda Anda secara keseluruhan, yang dapat membantu Anda ketika Anda perlu memberikan bantuan saat dalam perjalanan. Ini tidak harus menjadi tugas yang melelahkan atau melelahkan. Dengan bantuan dudukan yang baik, mengganti sprocket dan perawatan sepeda lainnya bisa menjadi pengalaman yang menyenangkan.

Mengetahui dasar-dasar perawatan sepeda, sprocket, dan rasio roda gigi sangat penting untuk kepemilikan sepeda motor trail dan keselamatan dan kenikmatan pengendara.