SAITAMA, VMXMedia.ID – Empat tahun lalu, tepatnya pada Tokyo Motorcycle Show 2019, publik dihebohkan dengan motor listrik Honda CR yang dipamerkan. Namun sejak itu, belum ada tanda-tanda kapan motor ini akan diluncurkan. Namun teka-teki terjawab sudah, motor ini akan ikut dalam kejuaraan DID All Japan Motocross Championship, yang akan berlangsung 28-29 Oktober pekan depan, seperti dikutip dari laman Rideapart.
Dengan demikian, prototipe motor listrik dari Honda ini untuk pertama kalinya akan mengikuti kejuaraan formal yang dibuat langsung oleh pabrikan. Menariknya motor tersebut akan ditunggangi Trey Canard, yang saat ini menjabat sebagai penasihat tim di American Honda dan merupakan juara AMA Pro Motocross 250 tahun 2010.
Uji coba yang dilakukan ini juga dikabarkan menjadi salah satu bagian dari upaya pengumpulan informasi, serta penyempurnaan prototipe menyesuaikan perkembangan sepeda motor dalam beberapa tahun terakhir.
Tentu tak sedikit yang menunggu kehadiran CR Electric ini, kapan rilis resmi dan apakah akan menjadi andalan Honda di segmen roda dua ke depannya. Sebab masih belum banyak yang main di segmen tersebut, apalagi Honda memiliki pangsa pasar tinggi di berbagai belahan dunia.
Menurut situs HarapanRakyat.com, daya tarik dari motor trail elektrik Honda satu ini ada di desainnya. Nampaknya CR Electric ini menjadi motor trail listrik pertama yang membawa frame dengan model twin-spare berbahan aluminium.
Kaki-kaki motor tampak kekar dengan suspensi depan upside down lansiran Showa dan juga ban pacul Knobbies Dunlop. Sehingga bentuk motor listrik ini sangat unik karena lebih mirip seperti motor bermesin bensin pada umumnya.
Dalam hal tenaga mesin, Honda tampaknya bekerja sama dengan Mugen. Dengan begitu, kemungkinan besar motor listrik Honda ini menggunakan teknologi yang sama seperti pada Mugen Shinden Electric Superbike.
Motor listrik CR Electric satu ini memiliki bentuk yang padat dan rapi mendekati waktu produksi massalnya. Honda membekali mesin ER Electric dengan sistem pendingin radiator.
Untuk letak baterainya, Honda menempatkannya pada bagian belakang motor. Di area stang terdapat beberapa tombol yang membuat pengendara dapat memilih mode berkendara sesuai keinginan.
Shinden dibekali dengan baterai Lithium-ion 370 Volt dengan tenaga 160 Hp dan torsi mencapai 210 Nm. Dengan begitu, maka CR Electric pasti akan membawa spesifikasi yang tidak jauh berbeda.
Siap-siap beralih ke motor listrik, braaapers? (day)
Foto: Honda CR Electric (Dok. Rideapart)