Yamaha TTR50E, Motor yang Tercipta untuk Bibit-Bibit Pembalap Motocross

By: VMX Media | 07/08/2023 | 169
Yamaha TTR50E, Motor yang Tercipta untuk Bibit-Bibit Pembalap Motocross

Written by Shafar Tri Sulaksono

VMXMedia.ID – DIKENAL sebagai salah satu pabrikan motor dengan nama cukup bergengsi di ajang garuk tanah nasional dan internasional, membuat Yamaha sukses memproduksi berbagai jenis model dan spesifikasi motor untuk balapan amatir dan profesional.

Yamaha tidak hanya mengeluarkan motor kubikasi di atas 100cc, melainkan juga motocross mini yang diperuntukkan terhadap bibit-bibit pembalap motocross, mulai dari usia lima tahun ke atas. Salah satunya, Yamaha seri TTR50E, Bisa dibilang, TTR50E merupakan versi mini dari Yamaha YZ250, yang diperuntukkan terhadap anak-anak untuk belajar balapan di sirkuit.

Yamaha TTR50E memiliki spesifikasi kubikasi mesin 49cc 4 Langkah dan transmisi otomatis 3 percepatan. Suspensi bagian depan, menggunakan garpu teleskopik, serta suspensi bagian belakang, sudah single shock. Motor ini tidak menggunakan rem cakram tetapi rem tromol 80mm. Motor ini memiliki kapasitas tangki bahan bakar sebesar 3 liter. Berat motor ini adalah 58 kilogram, dengan panjang 130cm, lebar 60cm, dan tinggi 80cm.

Dilansir dirtbikeplanet.com, salah seorang pemilik Yamaha TTR50E mengungkapkan, dirinya telah membelikan anaknya yang berumur 8 tahun untuk berlatih menggunakan Yamaha TTR50E. Motor ini menawarkan banyak fitur seperti electric starter, shock up side down, rem tromol pada roda depan dan belakang, dan penggunaan rantai. Perawatannya juga terbilang murah.

Bagi para orang tua yang tertarik membeli motor Yamaha TTR50E untuk anaknya, motor ini dijual di kisaran harga USD1899 atau sekitar Rp28 juta. Tertarik nyoba, braaapers?