Lima Motor Garuk Tanah Paling Bertenaga di Tahun Ini, yang Terkuat Ternyata Bukan Merek yang Terkenal

By: VMX Media | 18/02/2024
Lima Motor Garuk Tanah Paling Bertenaga di Tahun Ini, yang Terkuat Ternyata Bukan Merek yang Terkenal
Foto: ADVPulse.com

BANDUNG, VMXMedia.ID – Motor trail adalah jenis yang sama sekali berbeda dari sepeda roda dua biasanya. Ini bukan tentang motor dengan estetika visual, teknologi mewah, atau kecanggihan apa pun. Sebaliknya, mereka menyerukan keterampilan murni dan performa yang memacu adrenalin di medan yang tidak akan pernah berani dilalui oleh motor biasa. Berlari secara agresif di atas kerikil, merusak medan berlumpur dengan sangat dominan, melintasi pasir gurun yang panas luar biasa, adalah situasi di mana motor trail bersinar terang.

Dilengkapi dengan rangka yang sangat kaku, suspensi yang punya tugas berat, dan mesin yang bertenaga, motor MX (begitu sering disebut) dibuat untuk menantang batas. Ini adalah platform sempurna untuk pengembangan keterampilan dan dapat mempersiapkan pengendara untuk kondisi berkendara apapun. Tentu saja, mereka tidak bisa berlari dengan kecepatan tinggi seperti motor sport, karena kecepatan bukanlah fokus utama di sini. Mengendarai sepeda sport dengan kecepatan 250 km/jam di jalur aspal masih mudah, namun jika braaapers ingin mempelajari cara melaju 65 km/jam di jalur berlumpur yang jaraknya hanya beberapa inci untuk terbang di udara, hanya sepeda motor trail yang dapat mengajari kamu keterampilan tersebut.

Begitupun mesin kecil bukan berarti tenaganya lebih kecil. Mesin sepeda motor trail dirancang untuk memenangkan perlombaan; dari gigi satu hingga atas, mesinnya menghasilkan akselerasi yang luar biasa di setiap putaran pergelangan tangan. Kekuatan motor trail 150cc jauh lebih dahsyat ketimbang motor matic dengan cc yang sama. Topspeed.com mempersembahkan kepada braaapers koleksi sepeda motor trail terkuat di tahun 2024 yang telah membuktikan kemampuannya di kejuaraan utama, seperti AMA Motocross. Berikut urutannya dari yang terlemah di antara yang terkuat:

5. KTM 450 SX-F

KTM 450 SX-F telah memenangkan lima gelar AMA 450 Supercross dalam tujuh musim terakhir. Tampaknya, KTM dalam menciptakan mesin balap terbaik sudah tepat sasaran. Untuk tahun 2024, 450 SX-F ditingkatkan lebih  tajam dengan rangka yang ringan, pengaturan mesin yang terpusat pada massa, dan segitiga pengendara yang dirancang secara ergonomis. Selain itu, ada pengaturan suspensi yang dapat disesuaikan dengan tangan. Pabrikan mengklaim bahwa rangka yang dilas dengan robot dibuat dengan parameter kelenturan longitudinal dan torsi yang dihitung secara tepat, sehingga rangka dapat menyerap guncangan dengan mudah.

Mesin 450cc yang bertenaga menjadi terkenal berkat kontrol peluncuran dan quickshifter. Braaapers juga mendapatkan mode daya ganda yang mudah disesuaikan untuk beralih antara penyaluran daya yang dapat diandalkan dan suara ledakan yang eksplosif. 

Foto: motor1.com

4. Husqvarna FC450

Husqvarna adalah nama yang dapat diandalkan di dunia balap garuk tanah, dan FC450-nya siap untuk tahun 2024 dengan banyak peningkatan. Mesinnya jauh lebih ringan dibandingkan generasi sebelumnya. Selain menghasilkan tenaga yang tersebar luas, penempatan mesin yang direvisi membantu sentralisasi massal. Sasis baru juga hadir untuk mengurangi perilaku anti jongkok dan meningkatkan handling. Ini, ditambah dengan subframe aluminium yang diperkuat poliamida dan suspensi WP, menawarkan kemampuan manuver dan karakteristik penanganan yang luar biasa.

Peningkatan ergonomi pengendara juga terjadi; setang ProTaper yang tahan lelah dan pijakan kaki yang lebih lebar memastikan peningkatan kenyamanan dan kontrol yang lebih baik. Peta tenaga mesin yang dapat dipilih, kontrol traksi yang dapat diubah, dan quickshifter adalah beberapa alat bantu pengendara elektronik canggih yang dimiliki motor ini

Foto: dirtbikemagazine.com

3.Honda CRF450R

Lima puluh tahun memenangkan balapan dan gelar AMA Motocross 2023, baru-baru ini Honda CRF450R menetapkan standar bagaimana sepeda motor trail yang bertenaga harus dibuat. Mesin Uni-cam 450cc memiliki rasio kompresi lebih tinggi dan dilengkapi sistem dekompresi otomatis yang mencegah terhentinya mesin dalam situasi RPM rendah. Selain itu, braaapers dapat memilih dari tiga mode penyaluran daya sesuai kebutuhan berkendara kamu. Selain itu, Honda telah melengkapi motornya dengan Selectable Torque Control, yang membantu pengendara mengatur tingkat torsi sesuai traksi yang tersedia.

Dan bukan itu saja. Mengikuti mesin MXGP, 450R memiliki kopling yang digerakkan secara hidrolik, sehingga braaapers tidak perlu khawatir akan perawatan dan menawarkan tarikan yang lebih ringan. Motor ini juga menonjol dalam hal ketangguhan. 450R generasi saat ini hadir dengan tangki bahan bakar titanium yang ringan dan kuat serta pelat selip yang dipasang dari pabrik untuk melindungi mesin.

Foto: CycleWorld.com

2. Husqvarna FE450

Dikenal dengan standar performa tinggi, Husqvarna FE450 adalah yang terdepan dalam jajaran pabrikan enduro. Mesin baru 450cc dilengkapi dengan Keihin EMS dan electric start untuk menghasilkan tenaga lebih besar dibandingkan model sebelumnya. Pengendara dapat dengan mudah mengatur tenaga mesin dengan menggunakan saklar pilih peta, yang juga mengkalibrasi kontrol traksi. Quickshifter juga menjadi fungsi standar pada motor ini.

Di bagian lain, suspensi WP XPLOR generasi sebelumnya juga mengalami revisi, sehingga FE450 lebih lincah di jalan berkelok-kelok dengan setup suspensi WP XACT yang canggih. Kopling dan rem hidraulik Braktec memungkinkan pengoperasian bebas perawatan dan kinerja lebih efisien. Selama ini rangkanya terbuat dari baja krom-molibdenum.

1. Buell Baja 1190 Dune Racer

Pertama kali ditampilkan di Daytona Bike Week pada tahun 2022, Buell Dune Racer berada di jalur yang tepat untuk mengganggu status quo sepeda motor trail paling bertenaga. Meski belum dirilis hingga saat ini, motor ini akan memiliki mesin 1.190cc yang sangat besar, cukup untuk menjadikannya sebagai motor trail produksi tercepat di pasaran. Ya, sesuai namanya, Dune Racer yang artinya Pembalap Bukit Pasir, motor ini dipastikan akan melibat medan pegunungan licin berpasir sekalipun.

Dune adalah motor trail pertama yang sepenuhnya buatan Amerika, dibuat dengan rangka teralis dan lengan ayun yang dapat disesuaikan. Ditargetkan untuk pengendara berpengalaman, versi produksinya akan memiliki tinggi jok 37,6 inci dan akan mewarisi masukan teknologi dari motor sport ganda Ulysses Buell. Saat ini, sepeda tersebut sedang dalam pengujian yang ketat, meskipun braaapers sudah dapat memesannya terlebih dahulu saat ini. (day)

Foto: ADVPulse.com