Inilah I Putu Raditya Permana Putra, Jawara Kelas MX2 Novice Kejurnas Motocross 2023

By: Angga Kuntara | 18/05/2023 | 568
Inilah I Putu Raditya Permana Putra, Jawara Kelas MX2 Novice Kejurnas Motocross 2023

VMXMedia.IDPEMBALAP Bali MX Racing Team, I Putu Raditya Permana Putra, berhasil menjuarai kelas MX2 Novice dalam putaran pertama Kejurnas Motocross 2023 yang diselenggarakan di sirkuit MPS, Pandeglang, Banten, Sabtu-Minggu [13/14-5]. Aksinya yang lincah dan cekatan mampu mengalahkan Galang Fernando dan Ihsan Maulana di kelas tersebut.

I Putu Raditya Permana Putra adalah pembalap kelahiran Bali, 17 Desember 2002. Ketertarikannya terhadap motocross bermula dari sang ayah yang gemar bermain motor. Ia dibelikan mini bike untuk dikendarai di jalan perumahan tempat dirinya tinggal. Ketika itu, Radit — sapaan akrabnya, baru menginjak TK besar.

Radit mengawali karir sebagai pembalap motocross di kelas 3 SD. Ia mengikuti kejuaraan daerah Bali. Ketika itu, ia berhasil menduduki peringkat ke-9 di kelas mini moto. Setelahnya, Radit mulai naik tingkat ke kelas 65cc dan 85cc. 

Ketika Radit menginjak SMA, Bali MX Racing Team membuka sirkuit di kampung halamannya, Tabanan, Bali. Ia bertekad untuk melaju ke kancah nasional. Dari sini, Radit bergabung dengan Bali MX Racing Team, dan balap di kelas MX2 Novice hingga saat ini. 

Perjalanan Radit sebagai pembalap di kancah nasional bermula ketika mengikuti kelas MX2 Novice dalam babak final Kejurnas Powertrack 2018 di Tabanan, Bali. Dilanjutkan dengan Kejurnas Supercross 2018 dengan total point ke-5, dan Kejurnas Powertrack 2019 dengan total point ke-2.

Passion-nya yang besar di dunia balap membuat Radit rela mengorbankan pendidikannya sebagai mahasiswa Teknik Mesin Universitas Udayana. Diakuinya, saat ini, ia tengah cuti dari kuliahnya agar bisa lebih fokus di dunia balap. 

Selama berkarir di dunia balap motocross, Radit telah menorehkan berbagai prestasi. Di antaranya, Podium 4 MX2 Novice MXGP Indonesia 2018, Podium 1 MX2 Novice Indonation Tambakrejo 2022, Runner-up MX2 Junior B National 2019, dan Podium 1 MX2 Novice Putaran 1 Kejurnas Motocross 2023. 

Bersama tandem-nya di Bali MX Racing Team, Diva Ismayana, Radit juga sempat mengikuti PON 2021 di Papua, dengan total poin beregu 4. 

Dari seluruh prestasi tersebut, prestasi yang paling berkesan bagi Radit adalah ketika mengikuti MXGP Indonesia 2018. Pada moto 1, dirinya berada di posisi ke-9. Lalu di moto 2, ia berada di posisi ke-3. Kemajuan yang diraihnya di moto 2 tersebut berhasil meningkatkan total point-nya di posisi ke-4. 

Sepanjang tahun 2023 ini, Radit berencana akan full mengikuti balap di kelas MX2 Novice. Selepas  putaran pertama Kejurnas Motocross 2023, ia berencana akan mengikuti putaran kedua Cleosa Series Grasstrack & Motocross Championship 2023, 27-28 Mei mendatang, serta putaran kedua Kasal Cup JC Supertrack 2023, 10-11 Juni mendatang. 

Sebagai pembalap, Radit berharap, seri event balap di Indonesia bisa semakin banyak. Ia juga berharap, regulasi balap motocross di Indonesia dapat kembali seperti dulu. 

“Semoga balapan di Indonesia ini makin banyak serinya, dan semoga balapan motocross di Indonesia ini bisa seperti dulu lagi,” tutur Radit kepada VMX Media