Mengenal Hamawaki, Sosok  Penting di Balik ‘Let the Good Times Roll’ Kawasaki

By: VMX Media | 02/05/2023 | 390
Mengenal Hamawaki, Sosok  Penting di Balik ‘Let the Good Times Roll’ Kawasaki
Mengenal Hamawaki, Sosok Penting di Balik ‘Let the Good Times Roll’ Kawasaki

Written by Munandar Nuch Arsih

VMXMedia.ID – KAWASAKI Motors Corp. mengabarkan, mantan eksekutif Kawasaki, Yoji George Hamawaki, meninggal dunia pada 18 April 2023. Mendiang Hamawaki adalah pendiri merek Kawasaki di Amerika Serikat.

Pada 1966 Hamawaki mendirikan American Kawasaki Motors Corp, dan mengembangkan jaringan dealer Kawasaki, dengan kebijakan yang komprehensif, materi iklan, dan pelatihan servis. Sambil membangun jaringan dealer dan penjualan, Hamawaki dibantu Masek, yang berperan sebagai R&D. Upaya yang dilakukannya ini bukan hanya berhasil mengukuhkan Kawasaki sebagai merek superbike terpercaya di Amerika saja, melainkan juga di seluruh dunia.

Untuk lebih membedakan merek Kawasaki dari pesaingnya, Hamawaki bersama timnya melakukan kampanye dengan tagline ‘Let the Good Times Roll’. Hingga saat ini, tagline ini menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari Kawasaki.

Kinerjanya juga tercatat dengan mendirikan Kawasaki sebagai pabrikan Jepang pertama yang membawa pabrik perakitan ke Amerika Serikat, dengan mendirikan Kawasaki Motors Manufacturing (KMM) di Lincoln, Nebraska. Kawasaki menjadi pabrik manufaktur/perakitan kendaraan bermotor asing pertama di tanah AS dengan standar produksi dan pabrik terkemuka, perputaran rendah, dan tingkat upah yang kompetitif. KMM dimulai dengan produksi Kawasaki KZ400, Z1, dan Jet Ski. KMM tetap menjadi salah satu perusahaan swasta terbesar di Lincoln, Nebraska hingga saat ini.

Hamawaki adalah fondasi merek Kawasaki yang kita kenal sekarang, setelah memelopori merek tersebut sebagai Good Times Company. Hamawaki meninggalkan Kawasaki pada tahun 1978 dan kemudian menjadi Presiden BMW Jepang. Kita kehilangan satu tokoh penting, ya, braaapers!