Profile

5 Pembalap Legendaris MXGP yang Patut Dikenang

By: Delisti Putri Utami | 24/03/2023 | 419
5 Pembalap Legendaris MXGP yang Patut Dikenang

VMX.ID – MXGP atau FIM Motocross World Championship adalah ajang balap sepeda motor off-road paling bergengsi di dunia. Putaran kedua musim 2023 akan berlangsung pada Minggu (26/3) ini di Sardegna.

Selama beberapa dekade, banyak pembalap yang telah berpartisipasi dalam ajang ini dan mencatatkan sejarah mereka sebagai pembalap legendaris. Berikut adalah beberapa pembalap legendaris MXGP yang patut dikenang.

1. Stefan Evert

Potret Stefan Everts saat mengikuti MXGP 2004 silan. (Foto: instagram.com/s72forever)

Stefan Everts adalah pembalap legendaris Belgia yang meraih 10 gelar juara dunia MXGP selama kariernya. Everts memulai kariernya di MXGP pada 1989 dan segera memenangkan gelar juara dunia pertamanya pada 1991. Ia kemudian melanjutkan dominasinya di ajang ini dengan meraih gelar juara dunia MXGP sebanyak sembilan kali berturut-turut dari 2001 hingga 2006.

2. Antonio Cairoli

Antonio Cairoli dan motor kesayangannya. (Foto: instagram.com/antoniocairoli)

Antonio Cairoli adalah pembalap legendaris Italia yang juga merupakan salah satu pembalap tersukses dalam sejarah MXGP. Ia memenangkan sembilan gelar juara dunia MXGP selama kariernya dan menjadi salah satu dari sedikit pembalap yang mampu mengejar rekor gelar juara dunia Stefan Everts. Cairoli memulai kariernya di MXGP pada 2005 dan meraih gelar juara dunia pertamanya pada 2009.

3. Joel Smets

Joel Smets saat menang di sebuah kejuaraan (Foto: denicol.cz)

Joel Smets adalah pembalap legendaris Belgia yang meraih enam gelar juara dunia MXGP selama kariernya. Ia memulai kariernya di MXGP pada 1989 dan meraih gelar juara dunia pertamanya pada 1995. Smets dikenal karena keahliannya dalam mengendarai sepeda motor di lintasan berlumpur dan kondisi cuaca yang ekstrem.

Kemenangannya yang ke-57 di Grand Prix menempatkannya di urutan keempat secara keseluruhan di antara para pesaing kejuaraan dunia motorcross.

4. Eric Geboers

Eric Geboers adalah pembalap legendaris Belgia yang memenangkan lima gelar juara dunia MXGP selama kariernya. Ia memulai kariernya di MXGP pada 1983 dan meraih gelar juara dunia pertamanya pada 1987. 

Selain dikenal karena kecepatan dan ketangguhannya dalam menghadapi kondisi lintasan yang sulit, Geboers juga terkenal sebagai pesaing motocross pertama yang memenangkan kejuaraan dunia di kelas 125cc, 250cc, dan 500cc. Pada 2011 ia dinobatkan sebagai Legenda FIM atas prestasinya selama ini.

5. Roger De Coster

Roger De Coster adalah pembalap legendaris Belgia yang memenangkan lima gelar juara dunia MXGP dalam sebelas tahun. Ia memulai kariernya di MXGP pada 1969 dan meraih gelar juara dunia pertamanya pada 1971. Pembalap yang paling menonjol sebagai anggota tim balap pabrikan Suzuki ini kemudian pensiun sebagai pembalap dan beralih menjadi manajer tim balap sepeda motor, membantu membawa banyak pembalap terkenal ke dalam timnya.

Para pembalap legendaris MXGP ini telah mencatatkan sejarah mereka sebagai beberapa pembalap terbaik dalam sejarah olahraga motor. Mereka menunjukkan kecepatan, ketangguhan, dan keahlian dalam mengendarai sepeda motor di lintasan yang sulit sehingga menjadi inspirasi bagi banyak pembalap muda di seluruh dunia.


Dari kelima pembalap motocross ini, ada pembalap favoritmu gak, braaapers?