Gak Ada Lawan Sebanding bagi Sheva Ardiansyah

By: VMX Media | 06/05/2023 | 183
Gak Ada Lawan Sebanding bagi Sheva Ardiansyah

Written by Dadan Hendaya

VMXMedia.ID – SEMUA penonton di Sirkuit Motocross Gajah Mada Lantamal V, Mojokerto sudah tahu siapa yang akan jadi juara pada Kelas Trail Std. 155cc Wanita. Ya, sebelum bendera start dikibarkan pun mereka yakin, Sheva Anela Ardiansyah yang akan keluar sebagai juaranya. 

Benar saja, putri legenda motocross, mendiang Irwan Ardiansyah, ini melesat meninggalkan pembalap lainnya di gelaran Kejurnas GTX-MX Kasal Cup JC Supertrack 2023.

Bahkan saat time practice di kelas MX 125cc melawan para pembalap pria, ia berada di urutan ketiga. “Tadi practicing, hari Minggu besok race-nya. Gak muluk-muluk, sih, targetnya, bisa di top five. Yang penting, main stabil hingga lap terakhir, tak membuat kesalahan, apalagi sampai cedera,” ujar Sheva saat ditemui langsung usai balapan.

Sheva jelas merupakan pembalap profesional. Ia menyiapkan betul segala sesuatunya untuk menghadapi kejurnas ini. “Fisik aku digenjot selama sebulan ini, sehari juga latihan selama tiga jam. Aku fokus latihan di bawah asuhan Om Aldi di IAMA dan Coach Bagong. Aku bersyukur hari ini dalam kondisi puncak,” katanya.

Gadis kelahiran tahun 2005 ini juga sempat menyinggung hari-hari yang teramat sulit saat ayahnya sakit hingga akhirnya meninggal. “Bisa dibilang saat Papah sakit, dua-tiga bulan buyar semua latihan aku. Saat Papah meninggal, aku down betul, gak tahu harus gimana lagi menjalani hidup. Karena Papah begitu luar biasa membentuk kita anak-anaknya,” kenang Sheva.


Namun, beberapa waktu kemudian ia mencoba bangkit. “Karena aku sadar, bukan pribadi yang lemah yang diinginkan Papah. Justru aku harus fight lebih baik lagi. Dan IAMA juga bukan tempat yang hanya mengandalkan Papah. Ada sistem yang sudah begitu baik untuk dijalani sehingga aku malah berusaha lebih baik lagi dari sebelumnya,” tandasnya.