Intip Uniknya Perpaduan antara Motor Custom dengan Grasstrack ala Molak-Malik Malang

By: VMX Media | 20/06/2023 | 388
Intip Uniknya Perpaduan antara Motor Custom dengan Grasstrack ala Molak-Malik Malang

Written by Shafar Tri Sulaksono

VMXMedia.ID – JIKA ngetrail menggunakan motor build-up, mungkin sudah biasa. Namun bagaimana jika ngetrail menggunakan motor custom? Itu baru tidak biasa! Hal inilah yang dilakukan Molak-Malik Malang. 

Molak-Malik Malang, adalah pergerakan yang dilakukan komunitas motor, mulai dari motor klasik, motor custom, hingga builder motor. Pergerakan ini terbentuk tahun 2018 dan bermarkas di Kota Malang.

Awalnya, pergerakan yang merupakan wadah untuk mempersatukan komunitas pegiat motor custom culture di Malang ini melakukan riding bersama, kemudian ingin membuat gebrakan untuk event lokal Malang.

“Molak-Malik Malang bisa dikatakan sebuah movement yang terbentuk pada tahun 2018, di dalamnya meliputi sebagian dari teman-teman komunitas custom bike dan classic motorcycle,” ujar Dimbo, Ketua Pelaksana Acara Molak-Malik Malang kepada VMX Media, Minggu (18/6).

Setiap ada agenda riding, para rider lebih memilih jalur yang tak lazim, seperti jalur trail. Uniknya, ketika ngetrail, motor yang digunakan adalah motor custom, vespa, motor bebek jadul, street cub, dan lain-lain.

Gebrakan yang Molak-Malik Malang lakukan berupa event grasstrack classic fun race, dengan motor-motor custom yang digunakan di sirkuit trail. Event ini pertama kali diselenggarakan pada 2019 dengan tema Flat Track Sirkuit, dengan fokus untuk memberikan warna baru dan konten kopdar yang tidak monoton.

Semakin lama, antusias para rider semakin ramai untuk ikut meramaikan acara tersebut. Jenis motor yang ikut adalah dirt bike custom, classic bike, dan vintage. Ketiga jenis motor ini memiliki komunitas yang sangat besar di Jawa Timur, khususnya Kota Malang dan sekitarnya.

Sejauh ini, event fun race yang diselenggarakan Molak-Malik Malang baru dua kali, yaitu di tahun 2019 dan Mei 2023. Sebelumnya, penyelenggaraan event sempat tertunda akibat pandemi COVID-19. Acara tersebut biasanya berkolaborasi dengan acara komunitas lain seperti event musik ataupun anniversary klub motor. 

Adakah di antara braaaapers yang sudah ikutan gabung?