Inilah Spesifikasi Ukuran Maksimal dan Minimal Lintasan Sirkuit Grasstrack Menurut Aturan IMI Pusat

By: VMX Media | 15/08/2023 | 745
Inilah Spesifikasi Ukuran Maksimal dan Minimal Lintasan Sirkuit Grasstrack Menurut Aturan IMI Pusat

JAKARTA, VMXMedia.ID – Lintasan merupakan salah satu hal terpenting dalam hal penyelenggaraan event balap motor, terutama dalam perlombaan motocross dan grasstrack, sebagai wadah tempat diselenggarakannya balapan. Beberapa waktu lalu, Ikatan Motor Indonesia (IMI) mengeluarkan peraturan dalam pembuatan trek untuk balapan grasstrack

Dilansir panduan Peraturan Olahraga Sepeda Motor No. 083/IMI-POSM/PKN-GTX/V/2023 tentang Peraturan Kejuaraan Nasional Grasstrack, dalam pembuatan lintasan sirkuit grasstrack, harus mengacu kepada kesepakatan yang telah disetujui dan tertulis dalam buku peraturan balap motor Ikatan Motor Indonesia (IMI).

Untuk kejuaraan grasstrack, lintasan harus memiliki panjang minimal 1000 meter dan maksimalnya tidak lebih dari 2000 meter, dengan lebar minimum 8 meter. Beberapa bagian pada titik tertentu, tidak kurang dari 5 meter dan jarak bebas antara lintasan minimal 3 meter.

Dalam lintasan trek juga tidak boleh adanya genangan air yang dalam, terlalu banyak batu, serta pada bagian trek lurus maksimal kecepatan adalah 55 km/jam. Jarak pada pintu start hingga tikungan pertama (R1) atau tikungan holeshot maksimal jarak 125 meter dan minimal pada 80 meter juga tidak boleh ada jumpingan dan rintangan di daerah ini.

Pada kejuaraan nasional grasstrack, lintasan harus dibuat menggunakan rintangan dengan rincian yang sudah diatur IMI. Berikut adalah penjelasannya.

  1. Jumpingan maksimal sebanyak 7 buah, dengan ketinggian minimal 1 meter dan maksimal 2 meter. Bagian awalan dan akhirannya harus landai 
  2. Diperbolehkan menggunakan rintangan superball 1 buah dengan kedalaman maksimal 30 cm. Jarak antar superball minimal 2 meter, dengan jumlah superball maksimal sebanyak 10 buah.

Sebelum digunakan, atau selama pembuatan lintasan sirkuit, lintasan akan dilakukan inspeksi oleh pihak yang berwenang, yakni Komisi Grasstrack IMI Pusat.

Pelaksanaan inspeksi, paling lambat dilakukan satu bulan sebelum kejuaraan diselenggarakan. Apabila dalam kurun waktu tersebut inspeksi belum dilakukan, kejuaraan harus dibatalkan. 

Sekarang braaapers paham, kan, regulasi IMI mengenai spesifikasi lintasan sirkuit yang harus dipenuhi dalam penyelenggaraan event balap grasstrack. Apabila sewaktu-waktu braaapers ingin melaksanakan event balap grasstrack, pastikan memahami regulasi di atas yaa. (ss)