Drama Pro Kontra Honda dalam Meluncurkan Rangka Alumunium untuk Motocross

By: VMX Media | 16/06/2023
Drama Pro Kontra Honda dalam Meluncurkan Rangka Alumunium untuk Motocross

Written by Munandar Nuch Arsih

VMXMedia.IDRANGKA alumunium (aluminium frame) bukanlah hal baru pada motor Jepang. Ketika Honda meluncurkan CR250R 1997, rangka alumunium yang terpasang mengubah industri motor Jepang. Meskipun sebelumnya, Kawasaki telah membangun bingkai perimeter dari baja, dan bingkai alumunium sudah digunakan pada sepeda motor sport on-road pabrikan Jepang.

Rangka alumunium untuk motocross cukup mencuri perhatian pada masa itu. Pengamat menganggap, konsep rangka alumunium yang dibuat Honda terlalu cepat saat itu.

Rich Taylor, penguji rider Honda saat itu mengungkapkan, seharusnya rangka alumunium tersebut dirilis satu tahun kemudian agar lebih siap dan lebih bagus digunakan dalam proses berkendara.

“Saya seperti teman-teman lainnya menilai, seharusnya frame ini dirilis satu tahun lagi. Ini akan menjadi bagus, karena saat ini belum siap. Terbukti motor yang saya uji saat keluar tikungan motor sangat sulit untuk dikendarai,” ungkapnya seperti dikutip racerxonline.com.

Kemudian, departemen hukum yang merekomendasikan lisensi produk, meragukan rangka alumunium yang dirancang Honda. Alasannya, rentan patah dan menyebabkan kecelakaan.

Bahkan, pembalap tim Honda saat itu, Jeremy McGrath, dengan tiga gelar AMA Supercross 250SX berturut-turut, gagal meraih kemenangan saat menggunakan rangka alumunium yang belum sempurna. Ia kemudian mengarang soal perjanjian lisensi dan pembatasan dari Honda, sebagai alasan kalau ia tidak ingin balapan dengan motor CR250R.

Terlepas dari pro dan kontra tersebut, Honda tetap bekerja keras untuk terus mengembangkan rangka yang lebih maksimal dari segi handling. Honda pun akhirnya menghadirkan kombinasi rangka alumunium yang diterapkan pada CR125R dan CR250R dengan kualitas yang telah terbukti.

Dalam pengembangannya, Honda menghilangkan beberapa material rigiditas yang menjadi penyebab kekakuan handling. Dampak dari desain ini benar-benar akan berkembang menjadi sangat besar, hingga pabrikan Jepang lainnya juga mulai menggunakan alumunium untuk memproduksi rangka motocross.

Jadi, braaapers, rangka motocrossmu sudah alumunium?