Kenali 5 Jenis Sasis pada Motor Trail

By: Ramadhan Abizar | 01/06/2023 | 503
Kenali 5 Jenis Sasis pada Motor Trail

VMXMedia.IDSASIS atau rangka pada sepeda motor trail berfungsi wadah penempatan untuk beberapa komponen motor dan penyangga penumpang. Komponen-komponen yang ditempatkan dalam sasis, dua di antaranya adalah penempatan engine dan sistem kelistrikan.  

Sasis juga merupakan tulang punggung motor trail. Hampir seluruh bagian penting dalam motor trail terpasang dalam sasis. Dilansir Trabasextreame, ada 5 jenis sasis pada motor trail yang dapat braaapers ketahui. Berikut penjelasan selengkapnya:

1. Jenis Alumunium

Sasis jenis alumunium (image source: trabasextreame.com)

Dibandingkan dengan besi, sasis berjenis alumunium memiliki bobot lebih ringan. Sasis dengan bahan ini dirancang berbentuk persegi empat atau persegi panjang. Meskipun ringan, rangka jenis alumunium bersifat kuat dan tahan lama.

Bagian sub-frame dari sasis jenis alumunium, dapat dilepaskan. Tujuannya, untuk memudahkan dalam proses perawatan. Jenis sasis ini umumnya digunakan pada motor jenis dual-sport.

2. Jenis Tubular Single-cradle

Sasis jenis tubular single-cradle (image source: trabasextreame.com)

Sasis berjenis single-cradle memiliki satu pipa di bawah mesin (down tube), dan satu pipa di depan mesin (main tube). Sasis ini jenis ini memiliki kekuatan maksimal dan perawatan yang mudah. 

Bagian-bagian dalam sasis jenis single-cradle mengusung dudukan mesin. Jenis sasis ini umumnya digunakan pada tipe motor off-road, on-road, dan sport dengan jumlah kapasitas mesin sedang.

3. Jenis Tubular Double-cradle

Sasis jenis tubular double-cradle (image source: trabasextreame.com)

Selain single-cradle, terdapat pula sasis berjenis double-cradle. Sasis jenis ini memiliki fungsi yang hampir sama dengan jenis single-cradle. Perbedaannya, pada bagian down tube, terdapat dua pipa. 

Dua pipa pada bagian down tube tersebut menjadikan sistem rangka lebih kuat. Pada tipe tertentu, bagian down tube dapat dilepas-pasang untuk mempermudah dalam proses perawatan. Jenis sasis ini umumnya digunakan pada tipe motor off-road, on-road, dan sport dengan jumlah kapasitas mesin besar. 

4. Jenis Pressed-steel

Sasis jenis pressed-steel (image source: trabasextreame.com)

Sesuai dengan namanya, jenis sasis ini dibuat dengan bahan baja yang dipres (lempengan). Umumnya, sasis dengan jenis ini dibentuk dalam pola tulang punggung (backbone).

5. Jenis Backbone

Sasis jenis backbone (image source: trabasextreame.com)

Sasis berjenis backbone merupakan gabungan antara pipa dan pressed-steel. Jenis sasis ini merupakan rancangan dasar yang diutamakan untuk penggunaan jenis sepeda motor bebek. 

Itulah 5 jenis sasis pada motor trail yang dapat braaapers ketahui. Dari kelima jenis sasis di atas, mana nih, kira-kira yang cocok digunakan untuk motor trail braaapers?