Tips & Trick

Wajib Seting Berkala Sistem Suspensi Untuk Menghindari Cidera Tulang Belakang, Ini Penjelasannya

By: VMX Media | 18/05/2022 | 691
Wajib Seting Berkala Sistem Suspensi Untuk Menghindari Cidera Tulang Belakang, Ini Penjelasannya

VMX.ID- Bagian penting sebuah sepeda motor adalah suspensi sebagai pendukung utama menentukan performa dan kenyamanan berkendara. Suspensi sepeda motor dibagi dalam dua bagian yaitu shockbreker depan dan belakang yang beraneka ragam tipenya. Pada shock breker depan terdiri dari komponen Penunjang atau Parts Pendukung , seperti : Pipe com / as shock, Buttom Case, Per shock, Oil Shock, Seal Shock.

Peranti suspensi adalah sistem handling yang bekerja ekstra untuk meredam kejutan dan menstabilkan motor saat berakselerasi. Perangkatini juga memiliki masa pakai atau life time, dan pastinya jika tidak di imbangi dengan perawatan berkala atau maintenance usia shock breker akan lebih cepat tidak berfungsi.

Untuk memaksimalkan saat berkendara, wajib melakukan perawatan berkala shock breker depan. Salah satu perawatan berkala adalah mengganti oli suspensi secara berkala dan menggunakan Front Fork Oil berkualitas tinggi. Umumnya pemilik atau pengendara  menyepelekan untuk melakukan perawatan service berkala untuk menghindari kerusakan fatal dan mengorbankan kenyamanan dan keamanan berkendara.

Dalam memilih Front fork oil sebaiknya memakai kekentalan atau SAE dan mengukur secara pas takaran sesuai diameter tabung shockbreker. Front fork oil yang berkualitas selain memaksimalkan fungsi peredaman kejut dan menstabilkan handling berkendara juga. Pastikan memilih Front fork oil berkualitas tinggi dan aman melindungi seal- seal karet pada suspensi.

Front fork oil atau oli shockbreker yang telah mengalami perubahan/ penurunan kualitas mempunyai ciri :  ketika posisinya terlalu menukik dan lebih empuk ketika tuas rem di tekan., Roda depan tidak stabil, tidak menapak sempurna dan lebih terasa limbung tidak stabil, reborn atau tendangan balik melemah saat mengalami guncangan.

Pelumas khusus hidrolik berperforma tinggi berfungsi meningkatkan kemampuan peredam suspensi diberbagai kondisi suhu di jalan raya hingga jalan non aspal, Perlindungan dari proses timbulnya buih dan karat, Pelumasan sempurna untuk hasil pengereman yang lebih halus dan terkendali, Aman untuk karet dan perlindungan suspensi.

Sisi keamanan dan kenyamanan berkendara tidak pernah terlepas dari handling system dan maintenance. Suspensi adalah bagian handling system  penting untuk mnedapatkan kenyamanan dan performa maksimal ketika berakselerasi. Jangan pernah lupakan bagian maintenance atau perawatan suspensi sangatlah penting untuk tetap menjaga sellau dalam keadaan titik maksimal dan usia suspensi.

Suspensi pada sepeda motor terdiri dari shock breker depan dan belakang dengan model konvensional dan up side down ( depan ) dan twin, single, monoshock ( belakang ). Pada suspensi salah satu bagiannya adalah spring atau per yang berfungsi untuk memaksimalkan daya redam dan reborn. Pada komponen bagian dalam suspensi, terutama shock depan wajib dilakukan penggantian seacara berkala  fork oil. Komponen Penunjang atau Parts Pendukung Shockbreaker adalah Pipe com / as shock, Buttom Case, Per shock, Fork Oil, Seal Shock.

Shock breker yang baik bila aktifitas naik turun bodi sepeda motor diperlambat sehingga menjadi lembut dan tidak mengejut.Selain spring atau per pegas pada shock breker terdapat sebuah tabung yang berisi oli.Bagian dalam tabung tersebut terdapat sebuah katup yang berfungsi untuk mengatur aliran oli. Tugas katup adalah untuk memperlambat gerak ayun bodi sepeda motor. Pastikan menggunakan fork oil atau oli shock breker depan dengan kualitas mendukung sistem kerja spring dan tabung dalam meredam kejut dan memaksimalkan akselerasi. Aliran oli di dalam tabung shok breker dimaksudkan untuk menyamakan tekanan bersamaan dengan gerakan spring  sehingga sepeda motor tetap seimbang, tidak seperti berat sebelah/miring. 

Bagi pengendara yang mengutamakan sisi kenyamanan dan akselari maksimal dalam segala momen pasti memperhatikan antar bagian pada suspense depan. Langkah – langkahnya minimal mengganti fork oil hingga mengganti front fork upgrade kit. Perlakuan perawatan pada front fork  dapat terdeteksi ketika motor dikendarai terasa tidak nyaman dengan situasi tendangan balik atau reborn terlalu cepat naik turunnya. Pegas atau spring pada shock breker terdeteksi rusak ketika ada tanda – tanda diantaranya suspensi depan lemah dan terlalu keras. Suspensi depan serta timbul bunyian tidak semestinya.

Seiring dengan penggunaan, Oli Shock breaker pasti berubah warna ( kotor )    dan berkurangnya kadar kualitasnya. Selain melakukan perawatan secara berkala, dianjurkan menggunakan fork oil berkualitas tinggi agar selalu maksimal berakselerasi dan jarak tempuh pemakaian lebih lama.

Untuk menghindari suspensi depan goyang karena kekuarangan oli dan terlalu keras akibat volume oli terllau banyak, sebaiknya perhatikan takaran volume oli shock sesuai anjuran. Dalam menyetel suspensi berdasarkan tahapan mulai dari  berat sepeda motor, pembalap, racing gear. Panjang lengan ayun di ukur untuk menentukan posisi adjustable paduan setingan dari bobot pembalap komplit dengan racing gear.

Pada perangkat suspense, perhatikan suspensi sebagian bekerja melalui pengurangan stiction. Membuat suku cadang bergerak lebih mudah biasanya pada seal shock dikemas lebih tipis berikut O-ring seal yang lebih sedikit komposisinya. Disarankan untuk jenis erangkat suspensi tersebut harus lebih sering dilakakan service perawatannya.

Peningkatan beban pada seal suspensi dan busing yang dimodifikasi sebagian besar diimbangi melalui penggunaan cairan suspensi kualitas tinggi. Perbedaan terbesar antara cairan suspensi OE dan aftermarket adalah factor stabilitasnya. Fluida performa akan memiliki indeks viskositas terbaik, dan ketebalan oli, serta fork dan peredam kejut, akan tetap lebih konsisten pada tanda 20 menit.

Cairan suspensi pada pipa as shock banyak disarankan oleh para ahli suspensi, sebaiknya memilih polimer terbaik. Jenis tersebut maksimal untuk menjaga viskositas oli tetap stabil saat panas. Ini juga memiliki sistem aditif terbaik, termasuk anti-aus, anti-busa, tekanan ekstrim, pengubah anti-lengket dan anti-korosi.

Kesalahpahaman terbesar yang umumnya dilakukan adalah mengganti cairan pada shock atau garpu yang aus sudah cukup untuk memperbaiki kekurangannya. Tidak. Pikirkan komponen suspensi.

Banyak yang beranggapan ketika seal shock bocor, seolah-olah itu adalah kopling yang terbakar. Oli baru tidak akan membuat kopling yang terbakar berfungsi. Hal yang sama dapat terjadi pada bagian dalam garpu atau shock Anda. Garpu beroperasi pada 110 derajat Fahrenheit dan menggunakan oli suspensi 5w. Guncangan beroperasi pada 300 derajat dan menggunakan oli 3w yang lebih ringan.

Shim katup kehilangan kancingnya seiring waktu pemakaian,ketahanan terhadap tekukan ( snap ), adalah yang mengontrol pasang surutnya kompresi dan redaman rebound. Untuk mengetahui shim sudah aus? Memastikannya bisa merasakannya saat guncangan atau garpu mulai mengayun. Kedua, Anda dapat menghitung berapa jam shims pada mereka. Sebenarnya menemukan keausan itu sulit, itulah sebabnya Anda harus menjadi seorang profesional untuk menemukan kerugian yang diukur dalam seperseribu inci. Seal, bushing, ring-O, dan shim baru diperlukan untuk mengembalikan suspensi lama ke spesifikasinya.

Jadwal perawatan suspensi bergantung pada berkendara. Setelah 20 jam, komponen suspensi penendara cairan mungkin terlihat baru. Tapi, pengendara agresif akan memakai shock dan garpu lebih dari 20 jam. Selain itu, trek pasir, dan gundukan bermata persegi memecah shim dan cairan lebih cepat daripada sirkuit berkontur lintasan keras. Trek berlumpur dan pasir membuat suspensi lebih cepat aus dibandingkan permukaan trek lainnya.

Minimal perawatan suspendi wajib dikontroldalam 20 jam setelah berkendara. Jangan menunggu sampai seal shock rembes dan bocor, perawatan berkala adalah meminimalir kerusakan suspensi.

Suspensi juga berfungsi untuk menghindari cidera tulang ekor yang menyebabkan kesulitan berjalan. Meskipun motor baru, sebaiknya minimal mengganti front fork oil dan maksimal mengganti fron fork kit. Saat ini, di Indonesia yang terlengkap soal perawatan dan penyediaan perangkat suspense ada di TDR Technology Centre ( TTC ) di Pulogadung, Jakarta – Timur. Selain menyiapkan perlengkapan up gride suspensi, juga dapat mendeteksi permasalahan suspens. Lokasilain perawatan dan seting suspense ada di Jawa Tengah dan Yogyakarta.