Suka Berkendara Enduro? Kenali 6 Cara Berbelok di Bukit Curam

By: VMX Media | 02/06/2023 | 221
Suka Berkendara Enduro? Kenali 6 Cara Berbelok di Bukit Curam

VMXMedia.IDDALAM kegitan berkendara dan berkompetisi enduro, semua rider harus mampu melakukan putar balik di bukit curam dalam rute tertentu.

Juara dunia enduro, Graham Jarvis, pernah mendapati dirinya terjebak tanpa pilihan selain berbalik dan mencoba lagi. Perlu diingat, satu kesalahan kecil dapat merugikan pengendara dan motornya.

Bagaimana cara memutar sepeda motor trail seberat 120 kilogram di atas tebing tanpa jungkir balik ke bawah, kenali 6 triknya berikut ini:

1. Maksimalkan dari Posisi Kiri

Ketika pengendara kehabisan cara dan tidak bisa mendaki lebih jauh, matikan mesin motor di gigi satu, dan turunkan standar motor.

Seimbangkan posisi motor dengan persneling, kemudian lompat ke kiri, dan pegang hand grip stang tangan kiri.

2. Manfaatkan Bagian Belakang Motor

Sembari menyeimbangkan motor dengan tangan kiri, condongkan ke bawah dan manfaatkan handle pegangan di sasis belakang yang terletak dibawah cover badan belakang.

Genggam pegangan di sisi kiri motor dengan tangan kanan. Kemudian, letakkan tangan kiri di stang, dan tangan kanan di belakang jok. Pastikan memiliki pijakan kaki yang aman di atas tanah dengan kondisi yang stabil.

3. Manfaatkan Perangkat Kopling

Saat motor dimatikan, tarik kopling agar motor memungkinkan dalam menuruni bukit. Dorong stang ke dalam, sehingga bagian belakang motor dapat berbelok ke sisi bukit saat menggelinding ke belakang. Gunakan lengan kanan untuk membantu menyeret pantat motor.

4. Perhatikan arah Badan Pengendara

Untuk mendorong motor berputar ke sisi bukit, condongkan sedikit ke arah badan pengendara. Hal ini akan mencegah pemindahan bobot ke sisi yang menurun dan terbalik.

Jaga agar lutut tetap tertekuk, pastikan motor menyamping di tanjakan, angkat tangan dari belakang, dan pegang rem depan.

5. Maksimalkan Posisi Kaki

Dengan posisi motor bersandar ke bukit, lemparkan kaki kanan ke atas motor, dan pastikan tetap condong ke sisi yang lebih tinggi.

Sebelum menuruni bukit, pengendara perlu memastikan motor menghadap ke arah yang benar. Jadi, putar palang maju mundur sampai roda depan mulai miring ke bawah.

6. Pegang Erat-Erat

Setelah motor hampir menghadap ke bawah bukit, lompatlah di atas pijakan kaki. Pastikan pengendara tetap berdiri sambil menginjak rem dan kopling ke tempat yang aman.

Pastikan braaapers melatih diri agar tak salah langkah yaa. (ndr)