Tips & Trick

Setingan Rasio Sprocket Hal Wajib Yang Harus di Perhatikan Untuk Motor Off Road

By: VMX Media | 18/06/2022 | 371
Setingan Rasio Sprocket Hal Wajib Yang Harus di Perhatikan Untuk Motor Off Road

NEWS.VMX.ID – Dikalangan penggemar off road bermotor, ukuran dan kondisi motor wajib menjadi perhatian khusus. Salah satunya adalah menentukan perpaduan sproket, harus berpatokan pada rasio yang menyangkut spesifikasi motor dan peruntukannya.

Sprocket dan chain atau rantai selain bertugas meneruskan putaran mesin ke roda belakang motor. Rantai  dan sprocket juga wajib memiliki karakteristik tahan terhadap gaya tarik dan memiliki kelenturan. Tingkat kelenturan rantai ditentukan oleh pergerakan .tiap-tiap pitch atau sambungan rantai.

Menghitung perbandingan rasio pada Gear depan dan Gear belakang adalah proses menuju final gear ratio.Dan ditentukan beberapa ukuran teknis seperti Trak atau lintasan yang akan di laluiJadi, peruntukan Enduro dan motocross berbeda signifikan, karena unit untuk Enduro dan motocross memang berbeda spesifikasi dari pabrikan motor.

Pada motor kompetisi seperti Motocross dan Grasstrack, perbandingan rasio sprocket dengan derajat tikungan dan ketinggian dan panjang obstacle. Pada motor kompetisi ini, perhitungan panjang trek lurus dan tipe tikungan berikut berm,tuner harus menentukan model sprocket rendah atau tinggi.

Mekanik umumnya telah mengantongi ukuran yang disesuaikan dengan spek mesin dan karakter pebalapnya. harus menghitung tepat perhitungan hambatan jempingan dan lainnya.

Meskipun rantai dan sprocket masih baru, sebaiknya diberi pelumasan untuk mengurangi gesekan dan mendinginkan rantai saat digunakan. Ada dua cara dalam teknik melumasi rantai, yaitu menggunakan minyak pelumas dengan tingkat kekentalan yang tinggi dan harus baru, atau dengan cara penyemprotan dengan chain lube atau pelumas kering atau silicon. Penyetekan jarak bebas pada rantai,sebaiknya di setel maksimal 10 mm.

Dalam menentukan pilihan sprocket, perhatikan detail tingkat kepresisian antar bagian gigi agar mengait lebih lekat ke rantai.Jadi tidak slip dan menjamin lebih sempurna meneruskan daya dari power mesin.

Perhatikan kualitas material dan presisinya antar bagian gigi.

Penyetelan ketegangan rantai pada motor off road harus seksama dan detail, untuk menghindari kerusakan dan copot pada saat di jalur enduro atau lintasan balap . juga kelurusan dan presisi sprocket berimbas peningkatkan kestabilan motor saat ditikungan, tanjakan dan turunan, terlebih melewati rintangan ekstrim.