Tips & Trick

Apakah Pebalap Tercepat Jitu dalam Menguji Kualitas Motor Yang Sebenarnya? Begini Penjelasannya

By: VMX Media | 13/10/2022 | 336
Apakah Pebalap Tercepat Jitu dalam Menguji Kualitas Motor Yang Sebenarnya? Begini Penjelasannya

NEWS.VMX.ID – Persepsi soal pembalap tercepat di dunia biasanya bukanlah pembalap penguji terbaik dan penguji terbaik biasanya bukanlah pembalap tercepat. Ungkapan itu memang benar dan nyata. Alasannya, pembalap belum tentu mempunyai pemahaman yang akurat soal referensi motor yang direkomendasi.

Pentingnya,memiliki feeling dan insting menyeimbangkan kecepatan dan merasakan nuansa penanganan mesin.Pebalap penguji, selalu menghabiskan waktunya menyimak secara detail performa sebuah motor. Banyak sisi dan sesi yang harus dirasakan dengan tepat seperti : paham membaca kecepatan dan percepatan motor, memahami fungsi suspensi dalam beberapa aspek penggunaan dan familiar soal setingan mesin.

Pentingnya pengetahuan tentang mekanis yang terbaik untuk membatasi variabel dalam pengujian, yang berarti dalam menguji bagian sedekat mungkin dari belakang ke belakang. saat cuaca panas dan Anda masih terengah-engah dari moto sebelumnya.

Objek pengujian motor motorcross adalah untuk membuat mereka lebih baik pada satu hal yaitu tes balapan. Sebagai protokol standar mengendarai motor yang di uji. Makanya, Jangan heran jika setiap motor terasa berbeda di hari balapan. Kondisi trek saat balapan selalu berbeda dari mulai latihan, kualifikasi dan balapan.Makanya, perlunya pengujian dan riset secara terperinci oleh ahli test rider yang lebih seksama membaca kapasitas motor.

Konsistensi dengan memastikan mulai mengawasi tekanan ban, tekanan garpu ( garpu udara), torsi baut dan bahkan tingkat energi pengendara sendiri. Jika trek berubah, itu akan menghalangi perbandingan aple-to-aple. Menjaga baut triple-clamp dan baut engine-mount pada spesifikasi torsi yang benar akan membantu menjaga rasa yang konsisten juga.

Meraih kesempurnaan antar treknya yang otomatis berbeda dan berubah setingan motornya. Pengendara uji yang kompeten adalah ketika menguasai variable antara kondisi awalnya, memaksanya untuk selalu beradaptasi.

Suspensi adalah hal penting untuk mendapatkan semua yang terbail. Karena suspense dapat menyesuaikan dan menutupi kekurangan mesin, sasis dan skill pebalap. Makanya para enginer suspense selalu memastikan faktor klik, dengan clicker kompresi dan rebound, dan sag juga fork height untuk menyesuaikan penanganan motor.

Pengendara uji yang cerdas selalu mencari solusi yang kompeten saat menghadapi masalah yang memerlukan saran ahli.

Berfokus pada antar bagian trek tertentu tidak hanya bagus untuk mencoba mencari tahu apakah suspensi terasa lebih baik atau lebih buruk di seluruh trek, memang sulit. Langkah awalnya menemukan tempat di trek di mana penguji motor berjuan, dan mengulangi setelah setiap perubahan untuk merasakan perbedaannya.Penguji handal, selalu menghindari menghabiskan waktu terlalu lama di trek. Jika ketika mendapatkan perubahannya cukup besar, Dapat melihat perbedaannya dengan tiga lap. Juga, uji kondisi yang direncanakan untuk balapan.

Memantau pengujian suspense,Trik favorit para test rider adalah memasang zip-tie pada satu kaki garpu untuk mengukur seberapa dalam garpu dikompres. Alat hebat lainnya untuk pelatihan dan pengujian adalah meminta seseorang merekam melalui bagian trek yang menantang. Juga, sebuah perusahaan Irlandia, Motoklik membuat sistem pemantauan suspensi digital yang melacak data  dan saat ini banyak digunakan oleh para pebalap dari  tim Pro.

Pembalap penguji terbaik adalah mereka yang paling berpengalaman mengendarai motor yang berbeda, setelah mengendarai versi sebelumnya dari merek tertentu, pengendara penguji akan memiliki peluang lebih baik untuk mengalami situasi kinerja yang mereka rasakan sebelumnya. Dan memiliki gagasan tentang apa artinya dan bagaimana menghadapi berbagai solusi.