Inilah 5 Tips Latihan Start yang Baik Agar Dapat Holeshot

By: VMX Media | 04/07/2023 | 203
Inilah 5 Tips Latihan Start yang Baik Agar Dapat Holeshot

Written by Anggi Andika F

VMXMedia.ID – BEBERAPA persiapan dan langkah yang tepat sebelum melakukan start ketika balap grasstrack atau motocross, sangat penting dilakukan pembalap. Hal tersebut berguna agar pembalap bisa mendapatkan holeshot.

Holeshot adalah momen di mana pembalap melakukan start terbaik atau berada di posisi pertama pada saat melintasi sudut tikungan pertama setelah start

Legenda grasstrack asal Salatiga, Jawa Tengah, Akbar Toufan, menyampaikan 5 tips latihan yang bisa dilakukan agar mampu memperoleh holeshot setelah start melalui kanal Youtube-nya. Berikut adalah penjelasannya. 

1.  Posisikan Kaki di Depan Foot Step

image source: youtube.com/ThumperTalk

Sebelum melakukan start, luruskan badan dan kaki kanan ke bawah. Pastikan posisi kaki kanan berada di depan foot step motor, dan kaki kiri dalam posisi siap di gear step

Untuk motor Special Engine (SE) dan Free for All (FFA), masukkan gigi 2. Sedangkan untuk motor bebek, masukkan gigi 1.   

2.  Luruskan Posisi Motor

image source: youtube.com/Shannons Insurance

Selain meluruskan posisi kaki, pastikan juga posisi motor harus lurus. Hal ini berfungsi agar pada saat start, motor dalam keadaan seimbang sehingga mudah dikendalikan dan bisa mendapat holeshot

3.  Konsentrasi ke Papan Start

image source: youtube.com/DutchMXTV Productions

Untuk mendapatkan ketepatan waktu dan tarikan yang maksimal, cobalah untuk berkonsentrasi kepada papan start

15 detik sebelum start, pastikan semuanya sudah siap. Kemudian, mainkan gas motor untuk mendapat Rotation Per Minute (RPM). 

4.  Ambil Posisi Siap

image source: fim-europe.com

Yang dimaksud posisi siap, adalah posisi badan condong ke depan, siku naik ke atas sejajar dengan bahu, wajib menekan rem depan, posisi kepala di atas stang, tekan kopling penuh, kaki lurus didepan foot step, pandangan konsentrasi ke gate start dan tarik gas penuh untuk menaikkan RPM. 

Posisi siap penting dilakukan pada 5 detik sebelum start. Setelah semua siap langsung tancap motor untuk mendapatkan holeshot.  

5.  Pasang Launch Control 

image source: smanettoni.net

Ketika berlatih, sebaiknya memasang launch control. Launch control adalah alat bantu elektronik untuk membantu start yang maksimal. Dengan alat ini, pembalap dapat membuka throttle sepenuhnya dan melepas kopling. 

Launch control juga akan membuat mesin menjaga Rotation Per Minute (RPM) dalam kisaran ideal untuk mendapat akselerasi maksimal.

Itulah 5 tips yang bisa dilakukan untuk berlatih start yang baik agar berhasil mendapatkan holeshot. Sudah siap melakukan holeshot di balapan selanjutnya? Jangan lupa untuk selalu berlatih lebih maksimal yaa, braaapers!