Bagaimana Cara Pembalap Profesional Memilih Jersey dan Pants?

By: VMX Media | 29/04/2023 | 180
Bagaimana Cara Pembalap Profesional Memilih Jersey dan Pants?

Written by: Munandar Nuch Arsih

VMXMedia.ID – SELAIN dukungan berupa skill dan kualitas spek motor balap, ada faktor penting lain yang mendukung pembalap agar tampil maksimal di dalam lintasan. Apakah itu? Yaa, pemilihan jersey dan pants yang cocok bagi tubuh mereka.

Soal apakah jersey atau pants tersebut harus ketat atau longgar, sebenarnya tidak masalah. Yang penting, bagaimana tubuh pembalap dapat bernafas dan bergerak dengan baik ketika berkendara.

Berikut adalah uraian mengenai bagaimana para pembalap memilih jersey dan pants yang sesuai dengan tubuh mereka:

Jersey

Pada umumnya, jersey berbahan polyester. Pemilihan jersey harus memerhatikan regangan empat arah, keringanan, dan memiliki pori-pori ventilasi untuk bernafas.

Pastikan jersey memanjang sekitar satu atau dua inci ke dalam celana dan memiliki cetakan silikon di atasnya agar tetap terselip serta memiliki gaya set-in dengan manset meruncing.

Standar jersey yang terkini adalah, terdapat lubang perforasi yang dipotong laser agar pembalap tetap tenang di trek. Bagian sasis jersey dengan jahitan yang dijahit rata bertujuan untuk membuat jersey lebih nyaman.

Celana atau Pants

Pants memiliki sasis agak melengkung yang dapat menyesuaikan dengan lekukan kaki. Hal ini bertujuan untuk memastikan celana tersebut tidak menumpuk atau menghalangi gerakan saat di atas motor.

Pastikan bahannya terdiri dari kain ringan yang melar, serat sintetis tahan panas yang kuat di panel lutut, dan kain jala transparan di bagian samping untuk meningkatkan aliran udara.

Pants yang digunakan harus memiliki panel lutut bagian dalam dari kulit full-grain, dan ada kain high-denier di dudukan celana.

Penggunaan jersey dan pants harus pas dengan ukuran, agar dapat menyesuaikan dan menyempurnakan penggunaan, serta ada celah untuk penggunaan protector.

Daya tahan pada jersey dan pants, beserta penanda aus pada bagian panel lutut kulit, juga berfungsi sebagai koneksi yang bagus untuk daya cengkeram pengendara ke motornya. Terlebih bila digunakan untuk adventure dan enduro yang berhadapan dengan semak-semak, dan rintangan ekstrem lainnya.

Kualitas kinerja jersey dan pants terlihat dari kecocokan untuk performa tinggi. Umumnya, pants memiliki panel jala berventilasi, yang merupakan kombinasi dari bahan polyester spandex untuk menjaga suhu bagian kaki.

Braaapers sudah punya jersey dan pants yg berkualitas, kan?