Tips & Trick

Pentingnya Merawat Lensa dan Goggles Sebelum Mengalami Infeksi, Ini Dia Cara Perawatannya

By: VMX Media | 10/05/2022 | 654
Pentingnya Merawat Lensa dan Goggles Sebelum Mengalami Infeksi, Ini Dia Cara Perawatannya

VMX.ID – Syarat sakral bermotor trail selain jerset, sepatu boot dan hand glove adalah kacamata dan biasa di sebut goggles. Perlengkapan penting buat perlindungan mata penglihatan dan bagian wajah pengendara wajib dikenakan pengendara  motor trail.  

Aksesori penting yang melindungi penglihatan saat berkendara,harus ada perawatan. Tujuannya selain lebih maksimal melindungi dan kualitas penglihatan, Jadi sudah sepatutnya dan perlu menjaga kebersihannya setiap habis digunakan.

Pengendara motor trail memiliki cara yang berbeda untuk membersihkan dan merawat kacamata mereka. Sebagian besar membersihkannya cukup standar, dan juga  beberapa cara pada akhirnya dapat menyebabkan keretakan dan kerusakan tidak hanya pada lensa tetapi juga pada komponen Goggles.

Jika pengendara bertanya-tanya bagaimana cara merawat kacamata goggles motor trail. Juga, membuatnya berfungsi untuk waktu yang lama, tetaplah simak di newsvmx.id .

Namun, mengingat kacamata motor trail terbuat dari bahan yang lebih lembut, fleksibel, dan mudah pecah. Jadi perlu menguasai teknis dalam membersihkan kacamata dan lensa, untuk menghindari kerusakan.

Langkah permulaan, menggunakan bahan kimia abrasif saat mencuci kacamata goggles motor trail, mempunyai efek serius penyebab beberapa kerusakan permanen.

Lankah paling aman yaitu menggunakan sabun dan air untuk membersihkan detail goggles dan lensanya. Karena air sabun cukup ringan, menjaga lensa goggle sepeda motor trail Anda tetap aman.

Selain itu, sabun cuci piring adalah pembersih universal yang dengan cepat menghilangkan noda debu dan kotoran. Plus, sebagian besar sabun cuci piring memiliki sifat antimikroba.

Bagaimana Cara Merawat Kacamata? Ini dia langkah – langkah eksekusinya:

Berikut adalah berbagai cara membersihkan lensa goggle sepeda motor trail.

  • Air dan Sabun Cuci Piring

Kombinasi pembersihan klasik air dan sabun tetap menjadi cara paling direkomendasikan untuk membersihkan lensa goggle motor trail. Dengan siapkan air secukupnya untuk mengusir lensa dari kotoran dan debu. Dengan bantuan sabun, lumpur berminyak bisa hilang dengan mudah.

Jika menemukan kotoran yang menempel kuat pada lensa, sebaiknya rendam kacamata beberapa saat, jangan memaksakan yang berakibat mengikis lensa.

  • Pembersih Lensa

Pembersih lensa sangat populer saat ini,memanfaatkan pembersih lensa khusus untuk layar windows atau laptop. Beberapa pengendara motor trail menggunakan pembersih seperti Windex untuk memoles lensa goggle mereka. Meskipun ini bisa efektif sejauh menyangkut pembersihan, Tapi kandungan bahan kimianya  berefek besar merusak integritas lensa. Syarat pentingnya, wajib dan pastikan pembersih lensa, pastikan yang lembut dan tidak abrasif.

  • Air dan Peroksida

Peroksida adalah bahan kimia lain yang digunakan tidak hanya untuk melarutkan kotoran dan debu, tetapi juga untuk mendisinfeksi seluruh peralatan. Biasanya dicampur dengan air dengan perbandingan 50: 50. Tapi, disarankan menggunakan bahan kimia ini secara terus-menerus karena dapat merusak lensa dalam jangka panjang.

Cara terbaik untuk membersihkan Kacamata Motocross, sebaiknya langkah awal setelah berkendara menyiramkan sebotol air bersih untuk menyingkirkan debu dan kotoran di tahap awal. Tujuannya juga agar lensa tidak tergores, hindari menggunakan kain lap sebelum di siram air bersih.

Tidak diragukan lagi, menggunakan air dan sabun berkarakter lembut atau sabun cuci adalah cara terbaik untuk membersihkan kacamata motorcross. Terbukti aman untuk lensa dan menjaganya bebas dari kerusakan kimia. Poin tambahannya, ini lebih ringan dan terbukti efektif dalam membersihkan lumpur dan kotoran berat.

Kemudian setelah sampai ditujuan dan banyak waktu untuk membersihkan kacamata motorcross secara menyeluruh.

 Setelah disiram dan dibersihkan tahap awal oleh air bersih, keringkan lensa dengan lembut dan bongkar kacamata dengan memisahkan lensa dari bingkai.

Kemudian merendam bingkai dan tali dalam air sabun untuk membersihan dan desinfeksi. Lensa dicuci lagi, tapi kali ini menggunakan air sabun lalu bilas.Ambil kain mikrofiber, dan keringkan lensa dengan hati-hati.

Dengan melakukan perawatan goggles motocross yang tepat  akan membat nyaman dan membuat visibilitas yang optimal. Disarankan setelah di cuci dan digunakan, sebaiknya goggles di simpan di kantong khusus atau casing. Hindari menyimpan goggles di tempat yang mudah lepas.

Untuk menghindari lensa buram, setiap penggunaan pastikan untuk membersihkan semua lumpur atau kotoran dari lensa. Gosok gumpalan kotoran dengan lembut dengan tangan dan gunakan air sabun untuk membersihkan bingkai dan lensa secara menyeluruh.

Kacamata Anda akan menjadi buram sebagian besar karena kondensasi di mana kabut menutupi lensa.

Juga, saat mengendarai trek berlumpur, ada kemungkinan besar cipratan lumpur akan menutupi kacamata Anda. Jika sobekan tidak sepenuhnya pada tempatnya, beberapa lumpur bisa masuk ke film berikutnya yang membuat pandangan Anda buram.

Penyebab lensa goggles buram, selain ada goresan benda ekstrim selama perjalanan bermanuver juga tidak dilengkapi fitur anti gores. Juga ketika digunakan di daerah dataran tinggi yang berkabut, selain pentingnya fitur anti gores, juga wajib mempunyai sisi teknis anti kabut. Yuk ah saatnya peduli untuk rutinitas secara berkala untuk merawat lensa goggles. Selain bisa merusak lensa goggles juga mengakibatkan infeksi pada mata