Tips & Trick

Penting! Ini Dia Bagian Penting Untuk  Kuatkan Power Motor Motocross

By: VMX Media | 16/08/2022 | 566
Penting! Ini Dia Bagian Penting Untuk  Kuatkan Power Motor Motocross

NEWS.VMX.ID – karakteristik terpenting dari besutan untuk motocross dan enduro adalah menguatkan torsi, langkah bagian mesin. handal, kuat dan handal di geber di lintasan ektrim khas dirtbike. Biasanya untuk menambah powerfull dan lebih kuat tenaganya, memodifikasi connecting rod atau poros engkol dan mekanik menyebutnya setang seher.

Hal penting dalam memodifikasi setang seher, wajib memastikan poin keseimbangan di pasang harus presisi. Menyeimbangkan poros engkol dengan benar sangat penting untuk kinerja mesin dan umur panjang. Poros engkol di seimbangkan secara presisi setelah perakitan, kemudian keseimbangan dipastikan selama kontrol kualitas.

Kontrol kualitas untuk menentukan keseimbangan connecting rod atau poros engkol. Jika poros engkol tidak seimbang, akan menyebabkan motor bergetar, dan  mempercepat keausan pada komponen mesin bagian bawah dan atas.

Sama pentingnya dengan penyeimbangan, mempertahankan toleransi dan jarak bebas tertentu di seluruh rakitan poros engkol sangat penting untuk operasi yang lama dan berkinerja baik. Jika ada komponen poros engkol yang beroperasi di luar toleransi, penggunaan terus-menerus berpotensi menyebabkan kerusakan pada bantalan, jaringan, dan bahkan silinder dan piston.

Dalam merakit poros engkol lengkap untuk kebutuhan mengganti perangkat standar motor. Setang seher dengan material baja pilihan memang mempunyai reputasi baik. Batang penghubung atau setang seher yang presisi ini sangat penting untuk meminimalisir keausan mesin.

Poros engkol aftermarket umumnya dilengkapi sepenuhnya dengan batang penghubung baja versi tempa ganda. Para tuner utamakan hasil dalam eksekusi ubahan paket connecting road berikut piston agar durability motor dirtbike sangat stabil performanya. Ketika merakit poros engkol, periksa dimensinya agar terkontrol dan terverifikasi melalui beberapa langkah kontrol.

Untuk mengetahui poros engkol telah saatnya diganti, pegang bagian atas poros engkol. Tandanya, Jika batang penghubung bergerak terlalu jauh ke samping atau ke atas dan ke bawah, itu indikasi yang baik bahwa komponen poros engkol sudah aus. Pengukur jarak kerenggangan seperti feeler ke jaring engkol dapat digunakan untuk memeriksa ulang pengukuran.

Sama pentingnya dengan penyeimbangan, mempertahankan toleransi dan jarak bebas tertentu di seluruh rakitan poros engkol sangat penting untuk operasi yang lama dan berkinerja baik. Jika ada komponen poros engkol yang beroperasi di luar toleransi, penggunaan terus-menerus berpotensi menyebabkan kerusakan pada bantalan, jaringan, dan bahkan silinder dan piston.

Tip perawatan: Jika Anda tidak yakin apakah sudah waktunya untuk mengganti poros engkol atau tidak, Anda dapat memeriksa poros engkol Anda untuk menghubungkan permainan batang saat Anda memiliki ujung atas Anda. Jika batang penghubung bergerak terlalu jauh ke samping atau ke atas dan ke bawah, itu indikasi yang baik bahwa komponen poros engkol sudah aus. Pengukur feeler antara mesin cuci dorong dan jaring engkol dapat digunakan untuk memeriksa ulang pengukuran Anda terhadap apa yang ditentukan dalam manual pemilik.

Kemudian komponen berikutnya adalah perangkat kopling seperti plat dan kampas kopling termasuk bagian dari power system. Pastinya kinerja komponen mesin lainnya dipastikan motor minus tenaga. Pastikan juga antara pelat kopling dan per kopling saling terhubung kinerjanya. Sebaiknya di sarankan di pasang satu set dala satu merk.Untuk memastikan bahwa pelat kopling dan pegas benar-benar cocok untuk kinerja kopling terbaik. Satu set Kit pelat kopling lengkap berisi paket lengkap kanvas kopling, pelat baja, dan satu set per kopling. Ciri perkopling berkualias salah satunya adalah pada bagian rigiditasnya sekitar 10% lebih rigid daripada standart OEM. Tujuannya untuk mengurangi selip kopling dalam kondisi ekstrem, menghasilkan kontrol maksimum dan penggerak instan dan responsif.

Lalu, berikutnya piston yang wajib diperhatikan dalam hal proteksi terhadap proses keausan. Gesekan seiring penggunaan dan karakter pengendaranya pemicu tingkat keausan dinding piston. Piston yang berkualitas tinggi adalah mengandung lapisan timah dengan fungsinya mengurangi preoses keausan. Juga membantu mengurangi gesekan meskipun terjadi keausan. Terdapat lapisan hitam terbuat dari campuran bahan yang halus sebagai pelapis Nicasil agar kinerja piston terjaga. Piston ProX dalam ukuran standar, serta dalam ukuran besar A, B, C, D+.

Piston dengan spesifikasi tersebut diyakini mendukung kebutuhan meladeni teknologi mesin mesin motor saat ini. Juga memenuhi kebutuhan motor para penghobi dan pebalap professional, yang tetunya memerlukan sparepart berkualitas tinggi.

Piston terbaik adalah menyiapkan silinder berlengan dengan ukuran standar hingga bore up hingga 2mm. Tujuannya agar, pengguna bisa lebih lama menggunakan silinder dan menghindari penggantian boring. Semua Kit Piston aftermarket berkualitas dilengkapi dengan Ring Piston, Pin Pergelangan Tangan  ( wrist pin ) dan Circlips ( wire lock ). Dan biasanya ada berbagai macam klip untuk berbagai diameter piston sesuai kebutuhan yang di siapkan dalam pilihan varian C-style & G-style.

Klip pistonnya bukan hanya berbentuk kawat melingkar, namun di ciptakan agar lebih leluasa menggerakan bos piston. Ring piston produk terbaik diciptakan kompetitif dengan berbagai merek terkemuka. Diproduksi untuk memenuhi spesifikasi yang tepat. Ring piston dalam paket piston. Juga,fungsi Pen piston dengan tingkat presisi yang dikombinasikan selama proses pelepasan panas. Dengan berfokus pada dua proses ini, memungkinkan untuk menghasilkan pen piston yang tahan terhadap kondisi ekstrem yang ditemukan dalam mesin berperforma tinggi.

 Kunci kawat pin baja pegas berkualitas tinggi digunakan untuk memastikan retensi pen piston sepanjang masa pakai mesin. Juga material besi tuang dilanjutkan dnegan proses pelapisan keramik nikel (Nikasil), komposit dan lubang elektrofusi. Juga, Pin piston berikut chromenya mempunyai tingkat kekerasan  terbaik agar tahan terhadap kondisi ekstrem ketika di gunakan.