Tips & Trick

Begini Teknik Off Road Menyeberang Sungai Berikut Teknis Yang Harus Dihindari

By: VMX Media | 24/12/2022 | 374
Begini Teknik Off Road Menyeberang Sungai Berikut Teknis Yang Harus Dihindari

NEWS.VMX.ID – Seorang pebalap off-road, pada suatu saat akan menghadapi anak sungai atau menyebrang sungai yang dangkal maupun dalam. Karena sulit untuk memenangkan perlombaan jika menenggelamkan atau mengajak motor berenang. Simak teknik dan beberapa petunjuk tentang cara tetap kering dan bertahan saat menghadapi persilangan air :

  • Posisi tubuh penting saat melintasi sungai, yaitu tetap berada di belakang motor, mendorong bobotnya melalui pijakan kaki untuk menjaga traksi pada roda belakang dan menjaga ujung depan tetap ringan sehingga meluncur di atas bebatuan yang tak terduga.
  • Perhatikan kedalaman air sebelum menyeberang, Jika tidak terlalu dalam, untuk mempercepatnya untuk melewatinya tanpa air masuk ke filter udara. Saat mendekati anak sungai, jika melihat riak kecil, biasanya disebabkan oleh bebatuan kecil di bawah air, jadi itu pertanda tidak terlalu dalam. Terkadang dapat melihat dasarnya juga, tetapi harus berhati-hati dan bersiap karena air yang dangkal dapat dengan cepat berubah menjadi air yang dalam.
  • Selalu berusaha menjaga berat badan dan mencoba mengapungkan ban depan karenapengendara  tidak tahu apa yang akan terbentur karena mungkin ada batu kecil di sana-sini.  Roda bisa dibelokkan dan jika harus menginjak kaki, tapi membelokan roda lebih baik daripada turun. Cobalah untuk membuatnya tetap halus dan stabil.
  • Pertahankan rpm di midrange dan selalu injak kopling jika membutuhkan ledakan tenaga yang cepat. Selalu menjaga jari pada kopling saat dia mengendarai, tetapi ini sangat penting saat melintasi air.
  • Jika harus memberikan sedikit lebih banyak tenaga untuk mencoba mengangkat ujung depan itu, mungkin akan mencengkeramnya sedikit. Tapi, mungkin juga perlu mencengkeramnya jika menabrak sesuatu yang tidak terlihat dan harus dilalui, maka mungkin memerlukan sedikit jentikan kopling untuk membuatnya tetap bergerak maju. Yaitu, bisa memasukkan kopling dan menyelipkan koplingnya. Pastikan untuk lebih mengontrolnya dengan throttle, tapi kopling selalu menjadi cadangan. Jika memiliki masalah atau memang membutuhkan sedikit ledakan.
  • Melintasi arus dengan kecepatan tetap dan memilih target, dengan terus-menerus memindai air tepat di depan roda sampai mencapai tanah kering.
  • Sebelum menyeberang, arahkan pandangan melihat ke seberang dan kemudian melihat ke bawah dan mencoba untuk melihat ke depan, tetapi tetap melihat ke bawah pada saat yang sama untuk memastikan tidak akan menabrak sesuatu yang besar yang tersembunyi di dalam air. Jadi harus melihat ke bawah lebih sering daripada ketika hanya berkendara di jalur normal. Harus siap untuk apa pun yang terburuk.
  • Untuk melintasi air yang dalam, dan ingin melaju cukup cepat sehingga memercikkan air tetapi tidak mengenai mesin dan masuk ke filter udara. Tingkat kesulitan untuk melaju secepat mungkin karena setiap detik berharga. Mungkin menghemat satu atau dua detik dengan meledakkan melalui sungai, tetapi akan kehilangan performa motor jika air menyedot air ke dalam filter. Jadi, teknik lainnya dengan bersandar pada pijakan kaki, jadi jari-jari kaki mengarah ke atas dan bagian bawah sepatu bot saya menahan air agar tidak melewati mesin.