Tips & Trick

Pakai Motor Trail untuk Munggahan Ramadan, Apa Saja Hambatannya?

By: Delisti Putri Utami | 22/03/2023 | 237
Pakai Motor Trail untuk Munggahan Ramadan, Apa Saja Hambatannya?

VMX.ID – MUNGGAHAN, alias pulang kampung satu-dua hari menjelang Ramadan, tampaknya sudah menjadi tradisi, seperti halnya mudik jelang lebaran. Sebagian besar pelaku munggahan biasanya dengan jarak antarkota yang tak terlalu jauh (dalam provinsi).

Nah, braaapers, motor trail, kan, biasanya lebih dirancang untuk menghadapi medan yang tidak rata dan sulit seperti tanah, lumpur, atau jalan berbatu. Oleh karena itu, penggunaan motor trail untuk perjalanan jauh di jalan beraspal dapat menghadapi beberapa tantangan atau hambatan. Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut.

1. Kebisingan dan getaran

Motor trail biasanya memiliki mesin yang lebih besar dan suara yang lebih bising dibandingkan dengan motor konvensional. Selain itu, suspensi motor trail juga biasanya lebih kaku dan menghasilkan getaran yang lebih besar saat dikendarai di jalan beraspal yang mulus. Hal ini dapat membuat perjalanan terasa lebih berat dan melelahkan.

2. Konsumsi bahan bakar yang lebih besar

Karena memiliki mesin yang lebih besar dan berat, motor trail biasanya juga mengonsumsi bahan bakar lebih banyak dibandingkan dengan motor konvensional. Hal ini dapat menjadi tantangan jika perjalanan jauh dilakukan di daerah yang minim stasiun pengisian bahan bakar.

3. Keterbatasan kenyamanan

Beberapa model motor trail mungkin tidak dilengkapi dengan fitur-fitur kenyamanan yang biasa ditemukan pada motor konvensional, seperti tempat duduk yang empuk, tempat duduk yang lega, atau sistem audio. Hal ini dapat membuat perjalanan terasa kurang nyaman.

4. Kemacetan

Kemacetan juga bisa menjadi hambatan bagi pengguna motor trail untuk perjalanan jauh di jalan beraspal. Terjebak dalam kemacetan bisa membuat perjalanan terasa lebih lama dan melelahkan.

Untuk mengatasi tantangan atau hambatan tersebut, pastikan untuk memilih model motor trail yang sesuai dengan kebutuhan dan memeriksa kondisi kendaraan sebelum memulai perjalanan jauh. Selain itu, pastikan juga untuk memakai perlengkapan keselamatan dan mengikuti aturan lalu lintas dengan baik.

Selamat munggahan dan menunaikan ibadah puasa, ya, braaapers!