Mengenal Istilah Umum yang Sering Digunakan dalam Olahraga Garuk Tanah, Apa Saja Ya?

By: VMX Media | 12/06/2023 | 333
Mengenal Istilah Umum yang Sering Digunakan dalam Olahraga Garuk Tanah, Apa Saja Ya?
Kelas Motocross Putaran 2 Kasal Cup JC Supertrack

Written by Anggi Fahmi Andika

VMXMedia.ID – OLAHRAGA garuk tanah seperti grasstrack dan motocross adalah sebuah ajang balap trail sepeda motor yang menggunakan trek tanah. Dalam ajang balap motor ini, ada beberapa istilah yang biasa digunakan. Bagi braaapers yang baru akan atau mulai mencoba olahraga ini, yuk, kita pelajari istilah-istilah berikut ini.

1. Holeshot

Holeshot adalah momen seorang pembalap melakukan start terbaik atau berada di posisi pertama pada saat melintasi sudut tikungan pertama setelah start. 

2. Whip

Whip adalah adalah teknik memiringkan motor yang dilakukan oleh pembalap pada saat melakukan jumping, sehingga motor terlihat miring di udara. 

3. Scrub

Scrub adalah teknik jumping yang memperkecil jarak antara motor dengan tanah pada saat jumping. Hal ini membuat jaraknya dekat ke tanah dan tidak terlalu tinggi. 

4. Berm

Berm adalah saat pembalap mengambil jalur sisi terluar dari lintasan balap. Pada setiap tikungan lintasan selalu ada sisi luar dan dalam. Berm adalah sisi luarnya. 

5. Block Pass

Block pass adalah momen saat pembalap berhasil menyalip pembalap lainnya, dengan cara memotong jalur pembalap yang berada di berm. 

6. DNS 

Did Not Start (DNS) adalah suatu kondisi yang membuat pembalap tidak jadi melakukan start. Misalnya, karena ada kerusakan atau masalah teknis lainnya pada motor maupun fisik pembalap sebelum balapan dimulai. 

7. DNF 

Did Not Finish (DNF) adalah kondisi saat pembalap sudah melakukan start, tetapi tidak berhasil menyelesaikan balapan hingga finis. Misalnya, disebabkan karena jatuh hingga motor rusak saat balap. 

8. Backslide

Backslide adalah teknik menikung dengan cara menekan rem belakang ketika berada di tikungan. Motor diarahkan oleh pembalap untuk memutar 180 derajat saat menikung. Hal ini membuat ban belakang terlihat menggelincir. 

Nah, braaapers. itulah beberapa istilah umum yang biasa ada dalam olahraga garuk tanah, baik grasstrack maupun motocross.