NEWS.VMX.ID – Olahraga bermotor enduro adalah satu jenis hobi perlombaan ekstrim yang tersambung dengan berbagai kondisi alam. Di Indonesia, perlombaan kompetisi enduro selalu semarak di ikuti penyelenggaraannya. Untuk mendukung kegiatan ini, perlunya secara detail memahami dalam memilih motor besutan untuk enduro.
Lebih jelasnya, harus berpatokan dlam hal kualitas yang tersangkut pada harga dan perawatan serta komponen sparepart nya. Juga wajib perhatikan tingkat kemampuan atau skill pengendara, ketahanan dan kenyamanan.
Faktor bobot berat kendaraan untuk enduro berbeda dengan motor trail yang umumnya untuk adventuran ringan. Motor dengan bobot yang berat akan mengganggu manuver saat dipakai di medan offroad single track, tight wood, atau penuh tikungan tajam.
Saat ini, pilihan motor yang mumpni untuk enduro di dominasi merk terkenal dan build up, makanya perlu skill terlatih dalam mengendalikannya. Untuk berkendara offroad bermotor, postur badan pengendara ini menjadi sangat penting, untuk berhadapan dnegan kondisi lintasan ekstrim. Kini, juga telah beredar alat untuk merendahkan ketinggian motor enduro, agar bisa digunakan untuk pengendara yang kurang tinggi dapat menapak tanah.
Motor enduro dengan kapasitas motor lebih besar belum tentu mumpuni untuk enduro, meski dari sisi power lebih besar. Power mesin lebih besar, biasanya belum sesuai dengan skill pengendara, terutama pengendara Asia. Motor enduro 2 Langkah, memmang pilihan paling pasdan relatif bisa mengimbangin motor 450cc 4Langkah. Kelebihan motor 2Tak dibanding 4Tak adalah bobotnya yang lebih ringan. Untuk pemula dan pengendara dengan tinggi tidak sampai 165 cm , disarankan menggunakan motor lokal dalam mengikuti perlombaan kpmpetisi enduro. namun perlu diperhatikan lebih ekstra tentang beberapa komponen yang mungkin perlu diupgrade untuk dipakai di track offroad. Jangan lupa, pilih motor dari produk merk ternama yang terjamin garansinya.
Jika pengendara lebih mumpuni skillnya,boleh menggunakan motor Spesial engine Motocross untuk di gunakan enduro. Tetapi dengan catatan Motor SE yang produksi terkini yang di lengkapi electric starter dan dipasang lampu utama. Kelemahan motor SE untuk digubakan enduro adalah suspensi lebih keras dibandingkan motor enduro.
Dalam hal perawatan dan spare parts motor SE dan Enduro build up, biaya perawatannya lebih tinggi dibandng motor trail keluaran lokal. Motor enduro model 2Tak perawatanya jauh lebih murah dan mudah, beda dengan yang tipe 4Tak. Cukup dengan rutin membersihkan filter udara dan mengecek busi. Jelas, untuk pemula yang belum paham betul soal enduro, disarankan menggunakan motor trail lokal dengan tambahan modifikasi dibagian yang penting untuk akserelasi dan bagian kaki-kaki. Selain perawatannya mudah juga, suku cadangnya dapat dikanibal dari produk yang beredar dipasaran umum. Untuk motor lokal wajib seting suspensi depan berikut olinya.
Sebelum beraktifitas I perlombaan enduro, untuk motor trail lokal wajib lakukan modifikasi ringan, yaitu : Gas spontan, untuk mengubah mekanisme putaran gas lebih ringkas untuk mencapai putaran mesin langsung tinggi dan tidak perlu memelintir gas terlalu dalam. Kemudian engine guard atau skid plate untuk melindungi mesin dari kerikil, benturan batu, lalu Frame guard untuk melindungi frame dari benda ekstrim.
Lalu hand guard untuk melindungi tangan dari resiko cidera akibat benda ekstrim. Disarankan mengganti bodi motor dengan replika, agar terjaga originalnya. Juga meningkatkan sistem pengabutan bahan bakar baik sistem karburator dan injeksi.Dilanjut knalpot dianjurkan di upgrade setelah mengganti karburator ataupun Throttle body injektor.
!