Tips & Trick

Memilih Ban Dirt Bike – Referensi Anti Pening dan Pemborosan

By: VMX Media | 05/01/2022 | 609
Memilih Ban Dirt Bike – Referensi Anti Pening dan Pemborosan

VMX.ID – Bagi penyuka kegiatan Dirt bike alias motor trail,baik pehobi maupun profesional. Fungsi ban sangat vital dan harus jeli menentukan pilihan kembang serta mereknya.Ini sebagai langkah persiapan di balik skill  dari rider-nya. Tenaga motor handal dan pengendara profesional, namun kalau tidak ditunjang dengan ban yang pas,akan menjadi rintangan serius. Maklum yang di hadapi adalah lintasan off road dan sulit di prediksi terlebih saat hujan turun.

Pemilihan ban yang tepat di motor trail bukan hanya soal keamanan dan kenyamanan, ada satu efek lagi yaitu hemat tenaga. Kompon dan kembangan yang tepat membuat fisik kita tidak mudah terbuang sia – sia. Karena lebih maksimal cengkraman ke lintasan jalur mati.

Di pasaran ada banyak beredar berbagai macam merek dan tipe ban trail. Pilihan tipe yang ditawarkan, membuat kepala pening bagi pemula. Seringkali para pemula telah terlanjur membeli ban trail, namun ketika dipakai tidak sesuai dengan harapan. Roda motor masih sering selip dan tidak mencengkeram tanah secara maksimal. Dibalik penyesalan tersebut, tersimpan pula pemborosan.

Wajib jeli memahami spek dan sesuai fungsi dab peruntukan, sebaiknya memilih ban yang telah di referensi berdasarkan hasil opini yang telah terbukti

Ban dirt bike berkualitas dan bermerek terkenal mana  rata-rata diatas Rp 500.000. Ketika membeli ban jangan tergoda dengan tampang ban yang terlihat “sangar”, padahal ketika dipakai di lintasan off road ternyata menjadi “mellow”. Akan lebih baik jika membeli ban yang sudah punya nama besar di dunia offroad misalnya Dunlop, Kenda, Bridgestone, Firelli, Maxis, dan  Metzeler. Memang harga ban merk-merk ternama itu harganya relatif lebih mahal, namun kita tidak akan rugi karena puas memakainya.

Dibalik kegusaran para penghobi motor off road, apalagi bagi pemula. Ban Dunlop menyiapkan produk berkualitas dengan harga terjangkau,” saya banyak mendapat masukan dari beberapa pembalap dan kalangan komunitas motor adventure yang telah banyak  telah banyak menguji berbagai merek ban trail, dari sekian merek ternama tersebut hanya Dunlop yang paling pas untuk adventure maupun kompetisi motocross. Soal kualitas saya menjamin, apalagi harganya sangat kekeluargaan dengan kantong , makanya saya referensi ban Dunlop berdasarkan masukan, pengalaman dan jam terbang pembalap motocross dan pengemar motor adveture,” bilang Ko Yus VMX  yang menyiapkan Ban Dunlop di VMX store

      Persoalan lain adalah ban tipe apa yang pas untuk kita pakai offroad? Pada dasarnya tipe ban kembang pacul  itu dikelompokan dalam 3 kelompok yaitu tipe hard, intermediate dan soft. Untuk menghemat uang, lebih baik membeli ban tipe intermediate. Tipe intermediate ini adalah tipe yang berada di tengah-tengah, antara hard dan soft. Ban tipe intermediate bisa dipakai di track dan jalur yang basah hingga keras, seperti bebatuan. Hasil test yang telah dilakukan oleh banyak tim  motocross professional dan grasstrack di Indonesia. Wajib jeli memahami spek dan sesuai fungsi dan peruntukan, sebaiknya memilih ban yang telah di referensi berdasarkan hasil opini yang telah terbukti baik untuk kompetisi dan hobi adventure. Untuk memiliki Ban Dunlop Dirtbike yang terjamin, banyak pembalap, tim dan kalangan penghobi adventure lebih nyaman mendatangi VMX store dan juga lewat marketing online VMX.