Lakukan Ini untuk Membuat Suspensi Motor Trail Tetap Awet

By: Delisti Putri Utami | 13/04/2023 | 167
Lakukan Ini untuk Membuat Suspensi Motor Trail Tetap Awet
Jangan Seenaknya, Ini Etika yang Harus Dipatuhi Saat Balapan

VMXMEDIA.ID – SUSPENSI adalah salah satu komponen penting pada motor trail yang berfungsi untuk menyerap kejutan dan getaran saat motor melewati medan yang berbatu, bergelombang, dan kasar. Perawatan suspensi menjadi sangat penting untuk menjaga kinerja dan umur pakai suspensi yang lebih lama. Berikut adalah beberapa tips yang dapat membantu braaapers dalam menjaga agar suspensi motor trail tetap awet.

1. Lakukan pengecekan secara berkala

Pengecekan secara berkala sangat penting untuk memastikan suspensi motor trail dalam kondisi baik dan tidak ada kerusakan yang terjadi. Pengecekan bisa dilakukan setiap 500 km atau setiap kali braaapers merasa ada yang tidak beres dengan suspensi. Pengecekan meliputi pemeriksaan tekanan udara pada suspensi, kebocoran minyak, aus atau retak pada bushing, dan keausan seal.

2. Bersihkan secara teratur

Membersihkan suspensi secara teratur adalah salah satu cara mudah untuk menjaga keawetan suspensi. Membersihkan suspensi dapat dilakukan dengan menggunakan air dan sabun lembut. Setelah dibersihkan, pastikan untuk mengeringkan suspensi dengan kain kering dan bersih sebelum dilumasi.

3. Gunakan pelumas yang tepat

Pelumas juga merupakan faktor penting dalam menjaga keawetan suspensi motor trail. Pastikan untuk menggunakan pelumas yang sesuai dengan merek dan tipe suspensi motor trail. Jangan menggunakan pelumas yang tidak cocok karena dapat memperpendek masa pakai suspensi.

4. Perhatikan beban yang dibawa

Berat badan pengendara dan barang bawaan yang dibawa dapat mempengaruhi kinerja suspensi. Pastikan untuk tidak melebihi beban maksimal yang direkomendasikan. Jika beban melebihi batas maksimal, suspensi dapat lebih cepat rusak dan berdampak pada kenyamanan berkendara.

5. Hindari melakukan aksi yang berlebihan

Melakukan aksi seperti melompat atau melakukan atraksi berlebihan dapat mempercepat keausan pada suspensi motor trail. Hindari melakukan aksi yang berlebihan agar suspensi tidak cepat rusak.

6. Perbaiki kerusakan secara tepat

Jika terjadi kerusakan pada suspensi, segera perbaiki atau ganti komponen yang rusak. Jangan biarkan suspensi dalam kondisi rusak karena dapat berdampak pada keselamatan dan kenyamanan berkendara.

Demikian beberapa tips yang dapat membantu braaapers dalam menjaga agar suspensi motor trail tetap awet. Jika merasa kesulitan dalam merawat suspensi, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan ahli suspensi untuk mendapatkan informasi dan saran yang tepat. Dengan suspensi yang baik dan terawat, pengalaman berkendara braaapers pun akan semakin menyenangkan.