Lakukan 7 Trik Ini untuk Menjadi Pembalap Dirt Bike Internasional

By: Ramadhan Abizar | 08/04/2023 | 248
Lakukan 7 Trik Ini untuk Menjadi Pembalap Dirt Bike Internasional

PADA tahun 2023 ini, Indonesia menghadirkan tiga nama yang akan berlaga di ajang bergengsi MXGP Swiss 2023. Ketiga nama tersebut adalah pasangan kakak-beradik Akbar-Angga Lubis dan Delvintor Alfarizi. Ketiganya akan berlaga pada akhir pekan ini.

Sebagai penggiat motor trail, tentu braaapers memiliki mimpi untuk bisa berlaga di ajang balap internasional seperti yang Orel, Angga, dan Delvintor lakukan di MXGP. Untuk bisa sampai ke ajang internasional, bermimpi saja tidak cukup. Diperlukan hal-hal lain untuk bisa berlaga menjadi pembalap dirt bike internasional. 

Jika braaapers bermimpi untuk menjadi pembalap dirt bike internasional, lakukan 7 trik berikut ini:

1. Miliki Skill Teknis yang Baik

image source: crainpowersportsofbenton.com

Untuk bisa menjadi pembalap dirt bike internasional, skill teknis yang baik adalah syarat utama yang harus dimiliki. Keterampilan teknis inilah yang akan mengundang decak kagum penonton ketika berlaga di ajang balap.

Untuk bisa meningkatkan skill teknis, braaapers harus banyak melakukan latihan mengendarai motor di berbagai jalur dengan kondisi yang berbeda. Seperti melompat, mempercepat, dan menikung.

2. Konsisten Melakukan Latihan

image source: teamecc.com

Setelah memiliki keterampilan teknis yang mumpuni, langkah selanjutnya yang harus dilakukan adalah konsisten dalam berlatih. Pembalap dirt bike internasional harus mampu melatih keterampilan secara konsisten dan teratur.

Latihan yang dilakukan tidak hanya bersifat teknis seperti latihan mengendarai motor, melainkan juga latihan fisik dan mental. 

3. Menjaga Fisik Agar Tetap Kuat dan Bugar

image source: businessinsider.nl

Pembalap dirt bike internasional memerlukan kekuatan fisik yang tinggi serta kebugaran yang baik dalam menghadapi berbagai jalur dengan kondisi yang berbeda. 

Agar fisik tetap kuat dan bugar, jaga pola makan serta pola tidur yang sehat. Seimbangkan konsumsi makanan antara karbohidrat, protein, dan lemak serta pastikan memiliki pola tidur yang cukup selama 7 hingga 8 jam per hari. 

4. Menjaga Mental Agar Tetap Stabil

image source: benefitscanada.com

Untuk bisa menjadi pembalap dirt bike internasional, braaapers harus mampu menghadapi tekanan dan stres yang tinggi. Kesiapan mental yang baik untuk berlaga di ajang balap internasional harus didukung dengan kondisi mental yang stabil.

Tetaplah fokus pada tujuan untuk menjadi pembalap dirt bike internasional. Belajarlah dari kesalahan-kesalahan yang pernah dilakukan pada balapan sebelumnya serta jaga mental agar jangan sampai goyah. 

5. Bertanding di Berbagai Ajang Balap

image source: langstonmotorsports.com

Tentunya, untuk bisa menjadi pembalap dirt bike internasional tidak bisa dengan tangan kosong tanpa ada pengalaman sama sekali. Diperlukan pengalaman balap di berbagai medan selama bertahun-tahun sampai akhirnya bisa berlaga di ajang balap internasional. 

Oleh karena itu, ikutilah berbagai ajang balap, baik tingkat daerah, maupun nasional. Semakin banyak pengalaman balap, semakin besar kesempatan untuk bisa menjadi pembalap dirt bike internasional. 

6. Bergabung dengan Tim Balap Profesional

image source: sunpeaksnews.com

Tim balap akan membantu mengembangkan karir balap seseorang secara lebih baik dan profesional. Bersama tim balap, braaapers akan mendapatkan banyak ilmu, pengalaman, serta dukungan dari segi teknis, finansial, dan mental. 

Untuk bisa memuluskan impian menjadi pembalap dirt bike internasional, bergabunglah dengan tim balap dengan nama yang sudah besar serta memiliki jam terbang dan profesionalitas yang tinggi. 

7. Kuasai Bahasa Asing

image source: gulfnews.com

Terakhir, yang bisa dilakukan untuk mewujudkan impian sebagai pembalap dirt bike internasional adalah dengan menguasai bahasa asing, terutama bahasa Inggris sebagai bahasa internasional paling utama.

Jika braaapers masih merasa sulit dalam menguasai bahasa asing, sebaiknya braaapers dapat melakukan kursus bahasa asing terlebih dahulu. 

Semoga 7 tips ini bisa memuluskan impian braaapers untuk menjadi pembalap dirt bike internasional suatu hari nanti. Jangan lupa untuk selalu rendah hati karena sekecil apapun kesalahan dapat memiliki konsekuensi yang besar.