Jangan Seenaknya, Ini Sikap yang Harus Diperhatikan Saat Trabasan di Hutan

By: Delisti Putri Utami | 28/04/2023 | 238
Jangan Seenaknya, Ini Sikap yang Harus Diperhatikan Saat Trabasan di Hutan
5 Tips Membuat Motor Trail Jadi Lebih Garang dan Tangguh (Foto: Ig @popsovia)

VMXMedia.ID – SAAT adventure atau trabasan di hutan dengan motor trail, ada beberapa sikap yang perlu diperhatikan untuk menjaga keamanan dan keseimbangan lingkungan. Bagaimanapun juga, alam harus dijaga dengan baik. Jika alam rusak, kita juga yang akan menerima dampaknya. Lantas, apa saja sikap yang harus diperhatikan itu?

Pertama, saat trabasan ke hutan, penting untuk menghargai alam. Jangan merusak atau membuang sampah sembarangan. Jagalah kebersihan dan kelestarian lingkungan dengan tidak memotong pohon atau merusak flora dan fauna lainnya. Saat melewati area yang rawan longsor atau tanah longsor, hindari membuat jalur baru dan ikuti jalur yang sudah ada.

Kedua, perlu diingat, saat trabasan di hutan, ada aturan yang harus diikuti. Pastikan untuk mengetahui aturan yang berlaku di area tersebut, seperti apakah diperbolehkan memasuki area hutan ataukah tidak. Periksa juga apakah ada peraturan khusus mengenai penggunaan motor trail di area tersebut. Jangan melanggar aturan yang berlaku demi keamanan dan keseimbangan lingkungan.

Ketiga, persiapkan diri dengan baik sebelum trabasan. Pastikan motor trail dalam kondisi baik, terutama pada bagian-bagian yang memengaruhi kinerja motor seperti mesin, roda, dan suspensi. Bawa perlengkapan penting seperti helm, sepatu, dan perlengkapan keamanan lainnya. Bawa juga air dan makanan yang cukup untuk perjalanan.

Keempat, pastikan untuk selalu berada di jalur yang aman dan terlihat. Hindari berkendara di area yang berbahaya, seperti jalan yang terjal atau curam. Jangan membahayakan diri sendiri dan pengendara motor trail lainnya dengan mengebut atau melakukan atraksi berbahaya.

Kelima, tetap waspada dan bersikap ramah terhadap pengendara motor trail lainnya. Jika ada pengendara yang membutuhkan bantuan, segera bantu dan jangan biarkan mereka sendirian. Jangan lupa untuk memberi salam pada pengendara motor trail lainnya yang melintas.

Ingat, ya, braaapers, etika saat trabasan itu sangat penting. Dengan menjaga etika, yang terjaga bukan saja diri kita, melainkan juga alam dan orang lain.

Selamat trabasan, braaapers!