Tips & Trick

Jangan Sampai Salah Sebut, Ini Perbedaan Antara Gear dan Sprocket

By: VMX Media | 05/04/2023 | 256
Jangan Sampai Salah Sebut, Ini Perbedaan Antara Gear dan Sprocket

Written by Munandar Nuch Arsih

VMX.ID – GEAR dan sprocket adalah dua hal yang menentukan power motor. Tidak sedikit orang yang menyebut keduanya sebagai sesuatu yang sama, padahal keduanya adalah dua hal yang berbeda meski sama-sama memiliki gigi pada permukaannya. Lantas, apa yang membedakan keduanya? Simak penjelasan berikut ini.

  1. Gear (Roda Gigi)

Menurut Robert L. Mott dalam bukunya yang berjudul Machine Elements in Mechanical Design, gear adalah roda silinder bergerigi yang digunakan untuk mentransmisikan gerakan dan daya dari satu poros ke poros lain. Gear pendorong  atau biasa disebut pula dengan pinion mendorong driven gear untuk mentsransmisikan tidak hanya gerakan, melainkan juga daya dan torsi ke poros dan gear selanjutnya.

Fungsi lain dari gear adalah untuk mereduksi kecepatan. Perbedaan diameter gear yang bepasangan akan mengasilkan kecepatan putar yang bebeda untuk masing-masing gear. Jika gerakan ditransmisikan dari  pinion ke gear yang lebih besar, akan terjadi pengurangan kecepatan putar pada gear. Dalam hal ini, kecepatannya tereduksi. Begitu pun sebaliknya. Jika gerakan ditransmisikan dari gear yang lebih besar ke gear yang lebih kecil, akan meningkatkan kecepatan putar.

Kelebihan dari gear adalah bisa dipindah pasangkan dari pasangan gearnya. Mekanisme seperti ini diterapkan pada mekanisme perpindahan gigi di motor dan mobil. Dengan kelebihan gear ini, kecepatan putar pada poros bisa divariasikan.

2. Sprocket (Roda Rantai)

Gambar sprocket (Foto: blog.pro-x.com)

Sprocket adalah roda bergerigi yang berpasangan dengan rantai, track, atau benda panjang yang bergerigi lainnya. Sprocket berbeda dengan gear. Benda ini tidak pernah bersinggungan dengan sprocket lainnya. Sprocket pada kendaraan digunakan untuk mentransmisikan gaya putar antara dua poros, yang tidak mampu dijangkau gear.

3.iPerbedaan Gear dan Spocket

Perbedaan keduanya dapat dilihat melalui tabel di bawah ini.

PembedaGearSporcket
PasanganSama-sama ditransmisikan ke gear. Bisa dengan diameter yang sama maupun berbeda.Antar-sprocket ditransmisikan melalui rantai.
Beban transmisiMampu digunakan untuk beban ringan sampai berat.Hanya digunakan untuk beban ringan.
Center distance (jarak pusat)Jaraknya relatif pendek. Untuk memperbesar center distance, ukuran gear juga harus besar.Jaraknya panjang. Dengan ukuran sprocket yang sama, center distance bisa diperbesar dengan menambah panjang rantai.