Kenali 8 Cara Membuat Gasket Packing Darurat di Jalur Adventure

By: VMX Media | 02/06/2023 | 576
Kenali 8 Cara Membuat Gasket Packing Darurat di Jalur Adventure

VMXMedia.IDSAAT berada di jalur adventure, pengendara boleh jadi akan panik ketika banyak rembesan oli menetes. Ketika diperiksa, bagian packing-nya sudah getas dan terkoyak, baik karena usia ataupun rusak. Saat kondisi tersebut, belum tentu pengendara membawa packing cadangan.

Solusi darurat yang dapat dilakukan jika tidak membawa kertas packing lembaran, dapat memanfaatkan kertas pembungkus rokok ataupun makanan ringan untuk mencegah rembesan oli yang menetes. Untuk mengantisipasi perbaikan darurat, dapat membuatnya sendiri dalam waktu lima menit, menggunakan selembar kertas packing.

Untuk menutup bocornya oli bagian atas mesin, ada beberapa hal yang dapat braaapers lakukan, yaitu

  1. Lepaskan packing lama yang rusak, lalu bersihkan bahan berlebih yang tersangkut di sekitar tepi penutup dengan bantalan pembersih Scotch-Brite dan sedikit bensin. Kedua permukaan harus bersih agar paking dapat menutup dengan benar.
  2. Agar memudahkan dalam memotong bentuk packing secara akurat, lapisi tepi penutup dengan lapisan tipis minyak, dan tekan ke lembaran bahan packing.
  3. Angkat penutupnya dan akan mendapatkan garis luar yang sempurna.
  4. Buat lubang tempat sekrup yang akan dipasang menggunakan pisau cutter yang tajam, buat lubang di tempat sekrup akan dipasang untuk mengamankan penutup.
  5. Ambil mata bor dengan ukuran yang sama dengan baut, putar perlahan dengan tangan, hingga keluar dari sisi yang lain.
  6. Buat semua lubang untuk sekrup, sisakan satu milimeter di setiap sisi tanda oli.
  7. Selesaikan pemotongan bentuk, kemudian pasang packing baru ke komponen mesin yang telah dibuat
  8. Kencangkan semua mur, baut, dan kicker over.

Perlu diingat, dalam membuat gasket packing, harus dengan hati-hati karena oli dapat membuat gasket mudah robek. Semoga dengan cara-cara di atas, motor braaapers bisa kembali maksimal ketika berada di jalur adventure yaa! (ndr)