Inilah 3 Tips Jika Ingin Beralih dari Grasstrack ke Enduro ala Wawan Kadri

By: Ramadhan Abizar | 13/06/2023 | 119
Inilah 3 Tips Jika Ingin Beralih dari Grasstrack ke Enduro ala Wawan Kadri

VMXMedia.ID – TIDAK semua pengendara grasstrack bisa berkendara enduro. Namun semua pengendara enduro bisa berkendara grasstrack. Mengapa demikian? Karena enduro menuntut ketahanan pengendara untuk dapat menaklukkan rintangan yang lebih berat dibandingkan grasstrack.

Jika grasstrack hanya berfokus kepada jalur berupa gundukan tanah, lain halnya dengan enduro. Dalam enduro, pengendara akan menghadapi berbagai rintangan seperti bebatuan, batang pohon, kubangan air, dan lain-lain.

Salah satu pembalap grasstrack yang “pindah” ke enduro, adalah Wawan Kadri. Ditemui seusai hari pertama Tri Dharma Arka Enduro Cross 2023, Sabtu (10/6), pembalap asal Samarinda ini membagikan tips kepada braaapers yang ingin beralih dari grasstrack ke enduro. Berikut adalah 3 tipsnya:

1.    Perbanyak Latihan Fisik

Berbagai rintangan dalam balap enduro akan menguji seberapa besar ketahanan pengendara dalam melakukannya. Karena itu, jika ingin mencoba enduro, latihan fisik harus dilakukan lebih ekstra dan rutin.

Wawan mengungkapkan, tidak ada perbedaan dalam latihan fisik yang dilakukan antara enduro dengan grasstrack. Namun, frekuensinya harus dilakukan lebih banyak.

2.    Perdalam Skill Berkendara

Dalam berkendara enduro, pengendara harus mampu melakukan teknik wheelie. Wheelie merupakan teknik bermanuver yang dilakukan dengan cara mengangkat ban depan motor agar tidak terjadi benturan dari arah depan.

Wawan mengungkapkan, enduro tidak bisa menjamin pengendara untuk berada di posisi paling depan. Oleh karena itu, pengendara harus lebih sabar dalam menghadapi berbagai rintangan.

3.    Perhatikan Teknis Motor

Dalam berkendara enduro, tidak hanya fisik pengendara saja yang harus di-upgrade, melainkan pula motornya. Contohnya, suspensi yang dapat diatur lebih fleksibel, serta ban yang dapat memberikan traksi lebih baik di segala jenis medan.

Wawan mengungkapkan, jika ingin mencoba enduro, dari segi spesifikasi mesin motor, harus ada yang di-upgrade dan diturunkan. Jika dalam grasstrack, motor menggunakan perlindungan mesin lebih menyeluruh, dalam enduro, motor menggunakan perlindungan mesin yang lebih ringan.

Itulah 3 tips dari Wawan Kadri jika braaapers ingin “pindah” dari grasstrack ke enduro. Semoga bermanfaat yaa, braaapers!