BANDUNG, VMXMedia.ID – Bagi penggemar trabasan tentu sudah tak asing lagi bila motornya sering mandi lumpur, menerabas genangan atau bahkan menyusuri sungai bebatuan. Nah bukan sekali dua kali ada kondisi brebet akibat mesin kemasukan air, yang pada gilirannya tenaga berkurang drastis.
Naah, buat braaapers yang hobi adventure menggunakan Kawasaki KLX 150, ada tips menarik nih. Dengan cara mudah ini, kamu bisa bikin KLX 150 lebih tangguh saat melewati jalan lumpur maupun sungai. Trik ini juga sudah terbukti ampuh dan banyak digunakan mereka yang doyan trabasan menggunakan KLX 150.
Madih Mada, mekanik bengkel Bedil Motor yang ada di Jl. Raya Kalimulya, Cilodong, Depok, Jawa Barat kasih triknya. Menurut pria yang akrab disapa Bedil itu, ada kendala yang kerap muncul pada KLX 150 saat lewat lumpur atau genangan air. “Biasanya muncul brebet saat lewat lumpur atau air. Tapi itu biasa terjadi di jalur,” kata Bedil, seperti dikutip dari GridOto.com.
Gejala brebet yang muncul pada mesin, menurutnya, biasa disebabkan oleh gangguan pada sistem pengapian. Jika kamu terganggu dengan masalah mesin brebet saat lewat lumpur atau air, ada tips yang bisa dilakukan.
Posisi koil di KLX 150 ada di rangka depan sebelah kanan, dan memang rawan terkena air dan kotoran saat trabasan. “Biar enggak gampang brebet, posisi koil bisa diputar posisinya,” saran Bedil yang sering garap motor trail buat trabasan.
Jika ada air atau lumpur yang hinggap ke soketnya, biasanya itu yang bikin mesin motor jadi brebet. “Triknya, pastikan posisi soketnya diputar jadi ada di bawah agar tidak menampung air atau kotoran. Karena itu yang bikin brebet,” katanya.
Selain itu, agar air dan kotoran enggak gampang masuk, Bedil juga sarankan untuk gunakan sealant di bagian soketnya. Dengan trik simpel ini masalah mesin KLX 150 brebet ketika lewat lumpur atau genangan air bisa teratasi. (day)