Teknik Kaki Menjepit Jadi Faktor Penting untuk Mengendalikan Motor di Lintasan

By: VMX Media | 09/07/2023 | 134
Teknik Kaki Menjepit Jadi Faktor Penting untuk Mengendalikan Motor di Lintasan
Kelas Grasstrack JC

Written by Shafar Tri Sulaksono

VMXMEDIA.ID – TEKNIK kaki kaki pada pembalap juga tidak kalah penting dengan kaki kaki motor. Teknik dan kekuatan kaki pembalap ini jadi faktor penting yang harus diperhatikan.

Menurut Agha Riansyah, pembalap motocross, ilmu paling dasar dalam motocross dan grasstrack adalah teknik mengapit atau menjepit dengan kaki. Kaki jadi bagian yang digunakan pembalap dalam mengatur gerak motor agar tidak gampang terjatuh.

Kekuatan mulai dari mata kaki hingga paha harus dilatih, sebab nasib pembalap tergantung pada kaki mereka. Bagian yang digunakan untuk mengapit dan menjepit adalah paha, lutut, betis, tumit, dan telapak kaki.

Pengendalian motor lebih mudah jika otot-otot tubuh bagian bawah sudah terbentuk dan terbiasa. Teknik menjepit ini dimaksudkan untuk menyatukan tubuh pembalap dengan jiwa kuda besi mereka. 

Kenyamanan di dalam trek lintasan tergantung bagaimana pembalap bisa mengendalikan motor, dan mengendalikan motor tidak hanya dengan tangan dan serta, melainkan juga kaki dan body motor. 

Tidak hanya pembalap, braaapers, bagi para penghobi enduro atau adventure pun akan lebih nyaman jika pijakan dan jepitannya kuat. Semakin kuat, semakin terbiasa, maka dengan sendirinya reflek mengendalikan motor dengan tepat akan terbentuk.