Perlakuan suspensi adalh wajib melakukan penyesuaian yang berguna untuk memaksimalkan peredaman kejut dalam berbagai akslerasi. Salah satu perlakuannya adalah menyetel Sag hingga tekanan udara dan oli.Juga, harus memiliki pegangan yang kuat pada dasar-dasar pengaturan suspensi sebelum mulai menghadapi setelan kerumitan shim, katup dasar, dan batang kartrid.
Berikut adalah panduan untuk pengaturan suspensi :
Cara yang tepat untuk mengatur sag, dimulai dengan selalu ukur race sag dengan cara yang sama. Posisinya bisa sedang duduk atau berdiri selama menggunakan metode yang sama sepanjang waktu dan melakukan penyesuaian berdasarkan angka-angka itu. Ukur posisi melorot dengan pengendara berdiri. Kedua, bouncing pada suspensi sebelum mengukur race sag. Ketiga, duduklah di tempat benar-benar berkendara, bukan dalam posisi mimpi.
Lalu memanfaatkan penggunaan skala sag digital Slacker sehingga menghindari salah hitungan matematika yang buruk dalam melakukan pengukuran. Agar presisi, spatbor belakang di bor ukuran kecil untuk memasang perangkat alat digital.
Pastikan posisi melorot pada static sag agar ukuran seberapa banyak ketinggian motor melorot karena bebannya. Static sag hanya dapat diperiksa setelah race sag diatur. Sag statis harus antara 30mm dan 40mm pada motor besar. Jika memiliki sag statis lebih dari 40mm, pegas kejut Anda terlalu kaku. Jika memiliki sag statis kurang dari 30mm, artinya pegas terlalu lunak.
Yaitu juga, disarankan untuk melumasi bantalan dan titik penghubung rumah as dan bearing komstir,shock linkage dan poros swingarm secara berkala. Adalah cara terbaik untuk memastikan bahwa setiap bagian bekerja secara maksimal.
Peredam kemudi, tepatnya pada bantalan kepala kemudi cukup kencang sehingga ujung depan tidak jatuh dengan sendirinya. Itu harus didorong sedikit sebelum bergerak. Bantalan kepala kemudi adalah peredam kemudi yang murah dan digunakan.pendukung saat bermanuver.
Untuk menyetel tingkat kekakuan garpu depan, perhatikan volume Minyak versus udara. Untuk membuat garpu lebih kaku tambahkan minyak dan untuk setelan lebih lembut. Untuk membuatnya lebih lembut,cukup menguraingi ukuran oli shocknya. Jika, menambahkan oli dan mengurangi ruang udara dan membuat shock depan lebih kencang saat naik turun. Dan sebaliknya jika ingin mendapatkan garpu depan lebih lembut di akhir stroke, seting volume oli di kurangi dan meningkatkan volume.
Penumpukan tekanan udara, saat garpu shock depan membangun tekanan udara secara internal. Untuk mengurangi tekanan udara, lepaskan dengan roda depan dari tanah dan garpu didinginkan.Shock depan yang tidak sejajar. Sangat penting bahwa as roda depantidak mengikat kaki garpu. Sebagian besar as roda depan modern berdimeter 19mm.
Harap perhatikan, jika menggeser as roda belakang ke depan akan membuat shock terasa lebih kaku dan sebaliknya.Kemudian pastikan posisi poros, dengan penyetelan depan/belakang lebih dari 20mm, dan guncangan akan bereaksi secara berbeda saat roda belakang bergerak ke depan dan ke belakang.
Garpu yang terlalu lunak akan menumpang pada bagian yang paling keras dari sistem redaman garpu, yang membuat garpu terasa kaku, pengendara secara refleks mematikan clicker untuk melunakkan garpu.tapi, kebiasaan ini memperburuk situasi membuat garpu depan terasa lebih kaku. Garpu yang terlalu lunak terasa kaku, padahal kenyataannya harus lebih kaku agar terasa lebih lembut.