Tips & Trick

Tidak Perlu Panik, Lakukan Ini Jika Ban Motormu Gembos Saat Melakukan Adventure

By: Delisti Putri Utami | 17/11/2022 | 406
Tidak Perlu Panik, Lakukan Ini Jika Ban Motormu Gembos Saat Melakukan Adventure

NEWS.VMX.ID – Motor merupakan kendaraan yang banyak digunakan untuk menunjang aktivitas, termasuk aktivitas dalam memenuhi hobi melakukan off-road atau adventure. Beberapa kerusakan tentu saja bisa terjadi pada motor saat dikendarai. Salah satu kerusakan yang bisa terjadi adalah bocornya atau gembosnya ban.

Masalah ban motor bocor atau gembos memang sangat mengganggu kesenangan dan kenyamanan saat berkendara, tetapi hal tersebut tidak dapat dihindari. Sebetulnya, selain dapat mengganggu kesenangan dan kenyamanan saat berkendara, ban gembos juga sangat menyulitkan pengendara.

Syukur-syukur apabila motor mengalami ban gembos ketika berada di perkotaan. Setidaknya hal ini dapat memudahkan pengendara dalam mengatasinya dengan datang ke bengkel terdekat. Ban gembos menjadi semakin sulit apabila terjadi di waktu yang tidak tepat seperti ketika berada di hutan, pegunungan, atau tempat terpencil lain yang jauh dari mana-mana.

Sebagian besar orang yang melakukan adventure sering tidak membawa perlengkapan darurat seperti peralatan untuk mengatasi ban gembos. Rata-rata orang yang demikian adalah mereka yang hanya melakukan adventure dalam kurun waktu yang sebentar. Misalnya, satu hari. 

Beda halnya dengan orang yang melakukan adventure dalam jangka waktu yang lama seperti satu minggu. Biasanya, meski tidak semua, mereka membawa peralatan untuk membantu mengatasi ban gembos. Dengan begitu, mereka tidak akan kewalahan saat motor yang digunakan mengalami ban gembos.

Nah, bagaimana jika saat melakukan adventure, kamu mengalami ban gembos dan tidak membawa perlengkapan yang memadai? Kamu tidak perlu panik karena ada cara sederhana dan mudah untuk menangani hal tersebut.

Apabila kamu tidak membawa ban dalam ganti dan peralatan lainnya, kamu bisa memanfaatkan hal-hal yang ada di sekitar kamu. Misalnya,  agar ban motor kamu dapat berjalan kembali, untuk sementara, kamu dapat menggunakan rumput atau ilalang yang ada di sekitar. Hal ini boleh kamu lakukan karena sedang berada dalam keadaan darurat.

Rumput tersebut harus kamu masukkan ke dalam ban motor yang mengalami gembos. Rumput yang dimasukkan tersebut harus sampai memenuhi ban. Hal ini akan membantu ban motormu untuk tetap bisa digunakan sementara, sebelum nanti dibawa ke bengkel ketika sudah keluar dari hutan atau pegunungan. 

Kamu masih perlu alat lain seperti sendok ban untuk bisa memasukkan rumput ke dalam ban. Apabila kamu juga tidak membawa sendok ban, kamu dapat memanfaatkan benda apa saja yang ada di sekitar.

Sebetulnya, ada cara lain yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi ban gembos saat melakukan adventure, yaitu dengan memasang stopper pada ban. Pemasangan stopper ban bisa dilakukan sebelum melakukan adventure. Stopper ban sendiri selain membantu agar ban dan pelek bisa berputar dengan selaras, juga dapat membantu ban tetap bisa digunakan atau berputar dengan baik meskipun mengalami ban gembos.


Bagi kamu pecinta adventure, apalagi yang senang melakukan adventure dalam durasi yang lama, tetapi enggan membawa peralatan darurat untuk mengatasi ban gembos, sebaiknya kamu menggunakan ban dalam mousse, yaitu ban dalam yang terbuat dari busa sehingga antibocor. Dengan menggunakan ban dalam tersebut, kamu tidak akan mengalami ban bocor.