Berkendara Kurang Nyaman? Perhatikan 5 Cara Ini untuk Mengatur Handlebar

By: Angga Kuntara | 18/05/2023 | 215
Berkendara Kurang Nyaman? Perhatikan 5 Cara Ini untuk Mengatur Handlebar

VMXMedia.IDKETIKA ngetrail, seringkali pengendara merasa kurang nyaman dengan beberapa hal. Salah satunya, pengaturan handlebar atau stang. Handlebar memiliki peran yang sangat vital untuk menunjang keseimbangan pengendara ketika ngetrail.

Pengaturan handlebar, pada dasarnya, ditentukan berdasarkan ukuran tinggi badan pengendara. Berikut adalah 5 cara yang dapat braaapers lakukan untuk mengatur handlebar agar berkendara lebih nyaman.

1. Sesuaikan Ketinggian

Pengendara dapat mensejajarkan ketinggian handlebar dengan bahu, atau sedikit di atasnya. Pengaturan tersebut dapat menciptakan posisi nyaman ketika ngetrail, dan dapat lebih menyeimbangkan posisi pengendara dengan motor trail dan jalur yang dilaluinya.

Jika pengendara memiliki tingkat fleksibilitas yang rendah, atur handlebar dengan posisi sedikit lebih tinggi. Dan jika pengendara memiliki tingkat fleksibilitas lebih baik, atur handlebar dengan posisi sedikit lebih rendah.

Rentang ketinggian handlebar yang umum digunakan adalah sekitar 4 hingga 6 inci di atas garpu depan motor. Namun pengendara bisa mengaturnya kembali sesuai dengan postur tubuh yang dimiliki. 

2. Sesuaikan Kemiringan

Idealnya, pemilihan handlebar yang baik adalah handlebar yang memiliki tingkat kemiringan yang minimal, atau dengan sedikit kemiringan ke depan. Handlebar dengan tingkat kemiringan minimal akan memberikan posisi lebih tegak ketika ngetrail, dan handlebar dengan sedikit kemiringan ke depan, akan memberikan posisi lebih agresif ketika ngetrail.

Atur handlebar dengan tingkat kemiringan yang datar dan kemiringan ke depan yang baik. Untuk tingkat kemiringan yang datar, sesuaikan ukuran antara 0 hingga 5 derajat. Dan untuk tingkat kemiringan ke depan, sesuaikan ukuran antara 5 hingga 15 derajat. 

3. Sesuaikan Kelebaran

Ukuran kelebaran handlebar yang ideal dapat bervariasi, pengendara bisa menyesuaikan dengan proporsi tubuh, jenis motor trail, kondisi medan, dan gaya berkendara yang disukai. 

Umumnya, pemilihan handlebar pada motor trail bersifat lebih lebar dari bahu pengendara. Pengendara bisa mengatur kelebaran handlebar dengan rentang ukuran antara 28 hingga 32 inci. 

Pastikan kelebaran handlebar yang diatur memiliki stabilitas lebih baik ketika melalui jalur off-road sehingga pengendara lebih mudah mengontrol motor. Pastikan juga handlebar tidak terlalu lebar agar memudahkan dalam melalui rintangan yang sempit. 

4. Sesuaikan Posisi

Agar motor trail tetap seimbang, nyaman, dan stabil ketika digunakan, handlebar harus diposisikan secara sejajar dan simetris.

Untuk mencapai posisi yang sejajar dan simetris, ukuran handlebar dapat disesuaikan antara 0 hingga 5 derajat. Pastikan handlebar sejajar dengan ukuran garpu depan, atau memiliki tingkat kemiringan yang minimal.

5. Sesuaikan Ukuran Baut

Setelah handlebar berhasil diatur sesuai dengan preferensi pengendara, kencangkan baut agar handlebar terikat dengan aman dan tidak bergeser atau bergerak selama ngetrail.

Umumnya, ukuran baut yang digunakan untuk mengencangkan pengikat handlebar berukuran 8 milimeter (M8) atau 10 milimeter (M10). Perhatikan pula jenis baut yang digunakan baut dengan kepala segi enam atau kepala segi delapan, serta panjang baut yang sesuai dengan ketebalan clamp handlebar dan bagian pengikatnya. 

Itulah 5 tips yang bisa braaapers lakukan untuk mengatur handlebar agar lebih nyaman ketika ngetrail. Jika masih merasa kesulitan untuk mengaturnya, jangan ragu untuk menghubungi mekanik yaa.