Agar Mesin Motor Trail Terhindar dari Hal Tak Diinginkan, Pasang 5 Perlengkapan Ini

By: Angga Kuntara | 06/05/2023 | 168
Agar Mesin Motor Trail Terhindar dari Hal Tak Diinginkan, Pasang 5 Perlengkapan Ini

KETIKA ngetrail, berbagai hambatan seperti batu, debu, dan partikel lainnya tak bisa dihindari. Tidak menutup kemungkinan, berbagai hambatan tersebut akan masuk ke dalam motor trail dan mengganggu jalannya berkendara.

Agar motor trail tetap aman ketika digunakan tanpa khawatir berbagai hambatan tersebut masuk ke bagian dalam motor trail, braaapers harus memasang 5 perlengkapan ini di motor trail yang dimiliki. Apa sajakah perlengkapan tersebut? Simak uraiannya berikut ini.

1. Air Filter

Air filter atau saringan udara berfungsi untuk mencegah berbagai partikel seperti debu, kotoran, dan lain-lain agar tidak masuk ke bagian dalam motor trail. Air filter umumnya terletak di bagian bawah tempat duduk. 

Air filter harus mampu terawat dengan baik agar dapat memastikan, mesin tetap kuat, awet, dan bertenaga. 

2. Skid Plate

Skid plate atau pelat selip berfungsi untuk melindungi mesin agar terhindar dari kerusakan dan tumbukan pada jalur yang berat. Skid plate terbuat dari bahan yang kuat dan tahan lama seperti alumunium dan baja.

Ketika motor trail melalui jalur berat, roda depan atau belakang dapat menghantam permukaan yang tak rata sehingga menyebabkan benturan. Dengan menggunakan skid plate, motor akan menyerap benturan sehingga mesin tetap aman dan terlindungi dari kerusakan.

3. Mud Flap

Mud flap atau pelindung lumpur berfungsi untuk mengurangi dan mencegah terjadinya percikan lumpur, air, atau debu yang dapat terlempar ke arah belakang saat motor trail melintasi jalur yang basah atau berlumpur.

Selain mencegah percikan lumpur, air, atau debu, mud flap juga dapat membantu menjaga kebersihan motor trail dan mencegah kerusakan pada komponen motor trail yang terletak di bagian belakang, seperti lampu belakang, rangka, dan suspensi.

4. Radiator Guard

Radiator guard adalah komponen pelindung yang terpasang di depan radiator pada motor trail. Fungsinya, untuk melindungi radiator dari kerusakan akibat tumbukan atau benturan pada medan off-road yang berbatu atau berlumpur.

Radiator berperan penting agar suhu motor tetap stabil dan tidak overheat. Agar mesin tetap aman ketika melalui jalur berat, motor trail harus dipasang radiator guard sehingga radiator dapat tetap bekerja dengan baik. 

5. Engine Breather

Pada motor trail, engine breather berfungsi untuk mengeluarkan gas dan uap dari crankcase mesin. Selain itu, engine breather akan menjaga tekanan udara supaya tetap stabil dalam mesin, sehingga dapat memperpanjang umur mesin dan mengoptimalkan kinerja mesin.

Jalur trail yang berlumpur, berpasir, atau berdebu dapat menyebabkan masuknya kotoran dan partikel ke dalam mesin, sehingga akan mempengaruhi kinerja mesin. Dengan adanya engine breather, kotoran dan partikel kecil yang masuk dapat dikeluarkan dari mesin, sehingga dapat membantu menjaga kebersihan dan kinerja mesin. 

Itulah 5 perlengkapan yang bisa braaapers gunakan untuk mencegah mesin motor trail aman dari berbagai partikel yang masuk. Semoga dengan memasangnya, mesin motor trail braaapers akan semakin aman ketika berkendara, yaa!