Mengenang Fantic Caballero 500, Motor Trail 50cc untuk Bersenang-senang di Era Kejayaan 2-Tak Tahun 1970-an

By: VMX Media | 07/03/2024 | 109
Mengenang Fantic Caballero 500, Motor Trail 50cc untuk Bersenang-senang di Era Kejayaan 2-Tak Tahun 1970-an

BANDUNG, VMXMedia.ID – Sulit untuk membayangkannya saat ini, tapi di masa kejayaan mesin 2-tak di tahun 1970-an, braaapers bisa bersenang-senang mengendarai sepeda motor trail hanya dengan 50cc. Saat itu, ditemukan beberapa “monster” mini, salah satunya adalah Fantic Caballero 500 buatan Italia. 

Di bengkel modifikasi Deus Ex Machina di Milan, ini adalah sepeda motor yang mereka ingat dengan baik. Dan untuk memberi penghormatan kepada sepeda kecil dengan tenaga besar, mereka telah memodifikasi sebuah sepeda motor modern. Fantic Caballero 500 ini disebut ‘Fuoristrada’, dan mengemas semua kesenangan dan sensasi tahun 70-an dalam bentuk untuk orang dewasa.

Ketika Fantic Caballero pertama kali dirilis pada tahun 1969 di Milan, motor ini langsung menjadi klasik dengan karisma yang membara dan desain yang membedakannya di kancah sepeda motor Italia yang kejam. Dan di Deus Milan, sepeda ini tetap menjadi sebuah sepeda yang dikenang dengan penuh kasih sayang, 

“Dekade telah berlalu namun kecintaan kami pada lini ikonik tahun tujuh puluhan tetap ada. Ketika ada kesempatan, kami dengan bersemangat memanfaatkan kesempatan ini untuk memberi penghormatan kepada ikon Italia ini,” bunyi pernyataan Deus seperti dikutip pipeburn.com.

Caballero memiliki tampilan yang bagus, dan selalu ada ruang untuk modifikasi. Untuk menangkap garis tahun 70an, orang-orang ingin membuat fender mereka sendiri. Bagian depannya dipasang tinggi dan membentuk busur tunggal yang halus untuk memberikan cakupan penuh pada ban, tidak seperti tampilan plastik MX modern yang terlihat di mana-mana. Untuk mendapatkan tampilan belakang yang benar, berarti pertama-tama membuang spakbor pabrik dan rakitan ekor, yang digantikan oleh spakbor klasik dengan braket bergaya jadul dan penataan lampu vintage.

Langkah selanjutnya adalah membuang lampu depan LED pabrik yang mewah dan sebagai gantinya adalah penutup kepala bergaya topeng jadul, yang memiliki lampu dan indikator lebih kecil yang dimasukkan ke dalam tampilan, dan benar-benar menangkap suasana Dakar dan gurun. 

Pekerjaan pengecatan memperlihatkan spakbor baru, pelindung garpu, penutup radiator, dan penambahan mini Hugger, semuanya diberi warna abu-abu matte yang bagus dengan kilau bening. Sedangkan tangki hanya boleh memakai satu kombinasi warna, merah dan kuning khas sepeda Fantic pertama, dilengkapi dengan grafis Deus yang sederhana. Menariknya, penutup samping berwarna kuning dari pabrik telah dilepas, untuk merampingkan profil sepeda motor, namun masker depannya tetap terkena warna tersebut. Dan yang memainkan peran besar dalam transformasi visual sepeda motor adalah ban.

Sistem pengeremannya semuanya buatan Italia, dan braaapers tidak akan kesulitan melambat, berkat paket rancangan Brembo yang dilengkapi cakram berkualitas dan kaliper tunggal yang dipasang secara radial di bagian depan. Suspensinya juga bagus dari pabrik, tapi Deus ingin membuatnya lebih baik, dan garpu depan USD yang besar telah dilucuti dan internalnya dibangun kembali. 

Lengan ayun berbahan alloy kemudian harus mengalami beberapa modifikasi untuk mengakomodasi komponen suspensi TFX premium dari Belanda. Ini adalah motor yang braaapers tidak akan pernah ingin berhenti mengendarainya. Dibangun berdasarkan impian masa kecil, mainan anak laki-laki besar Italia ini kini siap untuk petualangan akhir pekan terbaik. Gaskeuun bro! (day)