BANDUNG, VMXMedia.ID – Braaapers tentu tahu motor trail Yamaha DT100 yang muncul di Indonesia pada 1970-an. Ia dikenal sebagai motor trail 2-tak dengan peminat cukup banyak. Bahkan, hingga saat ini motor itu masih diburu orang, terutama kaum muda perkotaan yang ingin tampil beda.
Tapi tahukah kamu, di negara asalnya, yakni di Jepang, Yamaha DT100 ternyata punya “kakak” dengan spesifikasi yang jauh lebih gahar, bernama Yamaha DT200R. Sayangnya, motor ini tak pernah masuk secara resmi ke Indonesia.
Seperti dilansir gridoto.com, DT200R ini memiliki tampilan yang lebih segar, dengan mengadopsi desain ala motor trail kompetisi pada zamannya. Spesifikasinya juga lebih mumpuni, sehingga ia banyak digunakan oleh para crosser pada ajang balap motocross tahun 1980-an.
Motor trail ini ini dibekali mesin satu silinder 2-tak berkapasitas 195cc berpendingin cairan dengan transmisi 6-percepatan. Mesin tersebut mampu menghasilkan tenaga 33 dk pada 8.500 rpm dan torsi 23,5 Nm pada 7.500 rpm.
Dengan demikian, kalau melihat catatan performa di atas kertas tersebut, output mesin DT200R bisa mengalahkan motor trail modern seperti halnya motor Honda CRF250L yang cc-nya lebih besar. Kita tahu, Honda CRF250L dibekali mesin silinder tunggal 4-tak 250cc bertenaga 25,6 dk di 8.500 rpm dan torsi 23,1 Nm di 6.500 rpm.
Yang menarik, suspensi depan yang digunakan sudah model teleskopik, dan monoshock di belakang. Sementara velg yang digunakan adalah model jari-jari ring 21 di depan dan ring 18 di belakang, dengan rem cakram di depan maupun belakang. Soal dimensi, DT200R memiliki panjang 2.150 mm, lebar 820 mm, dan tinggi 1.190 mm, ground clearance 315 mm, dan tangki bensin berkapasitas 10 liter.
Adakah di antara braaapers yang mau mencoba motor ini? (day)